WAJIB TAHU! Inilah Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol Ilegal, Dijamin Beres tanpa Gertak

WAJIB TAHU! Inilah Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol Ilegal, Dijamin Beres tanpa Gertak

Berikut adalah daftar DC pinjol yang datang ke rumah untuk penagihan. Foto hanya ilustrasi.-IST via BFI-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Banyak orang panik hingga putus asa serta diteror rasa takut karena banyak orang tidak tahu dan mengetahui bagaimana cara menghadapi debt colecctor pinjol ilegal yang menagih tentunya karena gagal bayar cicilan setoran.

Biasanya untuk menagih debt Collector pinjol ilegal hanya dengan menyebarkan data pribadi dimana hal tersebut sangat menakutkan dan tentunya kita akan terasa terganggu. 

Ketika kamu ingin mengajukan pinjaman online, tentunya kamu harus terlebih dahulu paham atau sudah memperdalam pengetahuan tentang apaa itu pinjaman online

Untuk pinjol sendiri ada yang sah, ada pula yang ilegal atau belom sah. Layanan pinjaman yang resmi yaitu pinjaman yang telah mendapatkan izin dari otoritas jasa keuangan (OJK). 

BACA JUGA:Etika Penagihan Debt Collector, Konsumen Harus Tahu, Kalau Mengancam Boleh Lapor ke Sini, Siap-siap Saja!

Jika kamu memilih untuk tidak menggunakan pinjaman formal atau yang sudah mendapatkan izin OJK kamu harus siap dengan resiko yang nantinya akan kamu hadapi seperti diintimidasi oleh DC jika kamu tidak dapat melakukan pembayaran. 

Dibawah ini ada beberapa tentang cara menghadapi DC pinjaman online ilegal dalam situasi ini: 

1. Mengenal Pedoman OJK 

Kamu harus menyadari segala batasan yang di berikan OJK karena, kamu berhak mendapatkan perlindungan dari undang-undang yang berlaku saat ini sebagai nasabah. 

Jika pinjaman online yang kamu gunakan melanggar hukum, cukup kamu laporkan OJK. Segera laporkan ke pihak yang berwenang, seperti OJK atau Satgas Waspada Investasi, jika debt collector terus mengintimidasi Anda.

BACA JUGA:OJK Panggil AdaKami, Klarifikasi Kasus Viral Nasabah Mengakhiri Hidup Diteror Debt Collector

Karena pihak tersebut akan memberikan bantuan dengan bertindak sesuai aturan terkait. 

2. Kumpulkan Semua Bukti

Pastikan memiliki bukti yang kuat, seperti rekaman telepon atau suara, bukti chat atau pesan. Jika debt collector terus mendatangi dan mengancam terus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: