Namanya Sirap Bandung, Tapi Tidak Ada di Bandung, Terkenal di Malaysia dan Singapura

Namanya Sirap Bandung, Tapi Tidak Ada di Bandung, Terkenal di Malaysia dan Singapura

Minuman Sirap Bandung yang sangat terkenal di Singapura dan Malaysia. -Istimewa-radarcirebon.com

BACA JUGA:Kaesang Pangarep Resmi Jadi Ketua Umum PSI, Bro Giring Kemana?

Tapi itu dulu, tahun 2017. Tidak tahu sekarang, apakah masih dijual di supermarket tersebut atau tidak.

Walau ada di Bandung, sirup itu bukan buatan lokal Indonesia. Sirup Bandung itu merupakan minuman kaleng yang diimpor dari Singapura.

Memang harus hati-hati bila ada kata “Bandung” bila sedang berjalan-jalan ke luar negeri. Belum tentu Bandung yang dimaksud adalah ibukota Jawa Barat. Bisa jadi itu Bandung bahasa Melayu.

Ada yang pernah punya pengalaman soal minuman bernama Bandung. Namanya susu Bandung Rose Milk. Minuman ini dijumpai  ketika berkunjung ke Singapura.

BACA JUGA:Ingin mengajukan KUR Bank BCA, Ini adalah Jenis Agunan yang Harus Persiapkan

Ketika melihat di supermarket, langsung terkejut. Dia pikir ini susu buatan Bandung. Atau minuman populer di Bandung yang sampai ke Singapore. 

Hal itu, sebagaimana banyak kuliner Indonesia populer di Singapura dan Malaysia. Seperti ayam penyet dan bakso.

Tetapi ternyata bukan. Minuman tersebut rasanya enak juga. Mereknya nyaris jarang ditemui di Indonesia. Tetapi ketika dibaca di kemasannya, ternyata produk Singapura.

Berkat pengalaman tersebut, akhirnya banyak yang tahu, bahwa susu bandung itu tidak ada hubungannya dengan Kota Bandung.

BACA JUGA:Beda Dengan KUR, Berikut Informasi Seputar Pinjaman Bank BCA Tanpa Agunan

Begitu juga ada yang pernah punya pengalaman ketika makan di restoran khas Malaysia. Ada minuman yang berembel-embel  kata bandung. Ternyata di Malaysia bandung itu memiliki sebuah arti khusus.

Selain Sirap Bandung adalagi di Malaysia yang disebut “mee bandung”. Nama ini juga  tiada kaitan dengan Kota Bandung di Jawa Barat. 

Perkataan bandung bermaksud berganda atau berpasangan dalam Bahasa Melayu. Yakni, sesuatu yang bergandengan atau bercampuran dengan sesuatu yang lain.

Sekali lagi, yang dimaksud “bandung” itu adalah dua benda yg dirangkaikan. Sebandung artinya sepasang atau dua serangkai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: