WOW! Akan Dibangun Jalan Tol Cipali - Kuningan, Tersambung ke Tol Getaci, Melipir Gunung Ciremai

WOW! Akan Dibangun Jalan Tol Cipali - Kuningan, Tersambung ke Tol Getaci, Melipir Gunung Ciremai

Kementerian PUPR akan melakukan pembangunan Jalan Tol Cipali - Kuningan pada tahun 2030. Foto konstruksi jalan akses wisata ke Palutungan. -BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Jalan Tol Cipali - KUNINGAN akan dibangun dan sudah masuk dalam perencanaan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Desain untuk pembangunan Jalan Tol Kuningan itu, akan mengambil akses langsung dari Tol Cikopo - Palimana (Cipali). 

Kemudian akan melintasi daerah dari Cirebon lalu langsung melipir ke lereng Gunung Ciremai ke Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Sukamukti, Cigugur, Kadugede, Darma. 

Dari trase jalan tersebut, nantinya akan memiliki 2 exit tol yakni di Linggarjati dan Desa Cigadung, Kecamatan Cigugur. Sehingga dekat ke akses pariwisata di kawasan Desa Linggarjati dan Palutungan.

BACA JUGA:Geger Jembatan Jawa - Bali, Terbang dari Bandara Kertajati Hanya 1 Jam-an, Tiket Rp 500 Ribuan

Terkait rencana ini, dibenarkan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi.

Menurut dia, rencana trase Jalan Tol Cipali - Kuningan akan menyambung ke wilayah Kabupaten Majalengka yakni Kecamatan Cikijing.

Bahkan, dari wilayah Cikijing tersebut akan disambungkan ke Jalan Tol Getaci atau Gedebage, Tasikmalaya, Cilacap. 

Sehingga nantinya Jalan Tol Kuningan akan menghubungkan 2 akses tol utama Pulau Jawa yakni Cipali dan Getaci. Sehingga bakal menjadi penggerak perekonomian di wilayah Jawa Barat Selatan dan Utara.

BACA JUGA:Terbongkar, Temuan Bojan Hodak di Ruang Ganti Persib

"Jalan tol ini sedang dalam kajian Kementerian PUPR, untuk desain sudah ada dan berada di lereng Gunung Ciremai," kata Teddy, seperti dilansir dari radarkuningan.com, Sabtu, 30, September 2023.

Menurut Teddy, pembangunan jalan tol ini, tentunya akan membutuhkan biaya cukup besar. Sebab, trase jalannya memang cukup panjang.

Kemungkinan akan dibangun bertahap mulai dari Cipali via Cirebon ke Linggarjati. Kemudian dari Linggarjati ke Cigadung. Diteruskan ke trase Cigadung - Darma dan selanjutnya ke Tol Getaci.

"Jalan tol ini cukup panjang dan dibangun sepanjang lereng Gunung Ciremai. Jika terlaksana, tentu akan ada pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kuningan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: