Lestarikan Seni Budaya Dalam Rangkaian Acara Maulid Nabi

Lestarikan Seni Budaya Dalam Rangkaian Acara Maulid Nabi

Kegiatan lomba tari topeng kelana di Situs Balong Keramat Tuk Pangeran Mancur Jaya, Kedawung, Kabupaten Cirebon.-SMARTFREN-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Melalui pentas seni budaya, Paguyuban Pangeran Pancur Jaya turut lestarikan tari topeng kelana.

Acara ini digelar dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadirkan lomba tari topeng kelana yang digelar di Situs Balong Keramat Tuk Pangeran Mancur Jaya, Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Juru Kunci Situs Balong Keramat Tuk, Raden Teja Maulana menuturkan lomba tari topeng menjadi salah satu kegiatan yang digelar dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi. 

Melalui acara pentas seni budaya ini pelestarian tari topeng kelana rutin digelar setiap tahunnya.

Tahun ini, perserta tari topeng Kelana Gaya Bebas berjumlah 52 orang untuk kategori A (usia 5-9 tahun)dan B (usia 10-14 tahun).

Mereka berasal dari berbagai Sanggar Tari Topeng di wilayah Ciayumajakuning. Jumlah peserta ini lebih banyak dibanding tahun lalu yaitu 27 orang.

BACA JUGA:Persib Kalah Gercep, Levy Madinda Ditikung Klub Malaysia

BACA JUGA:Cara Praktis Mengajukan Pinjaman BCA Secara Online, Langsung Cair!

"Tujuan kami dari panitia ingin melestarikan seni budaya melalui acara Maulid Nabi, kita mengangkat budaya-budaya dan kesenian Cirebon kepada anak-anak kecil penerus kita," ungkapnya.

Puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diisi dengan acara ritual pengangkatan buyut kayu perbatang dari Balong Keramat Tuk yang dilaksanakan pada Kamis (5/10) dimulai pagi hari.

Dilanjutkan malamnya dengan acara Panjang Jimat berupa arak-arakan benda-benda pusaka yang dimulai dari Kantor Desa Kertawinangun menuju ke Balong Keramat Tuk.

"Harapannya melalui acara ini seni budaya Cirebon, khususnya Tari Topeng dapat terus lestari oleh generasi penerus anak-anak usia dini," harapnya.

Sementara itu, kegiatan lomba tari topeng kelana ini juga sepenuhnya didukung oleh Smartfren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: