Vespa Jadul Harganya Melangit, Asal Tidak Semuanya Direstorasi, Ada yang Ditawar Rp50 Juta

Vespa Jadul Harganya Melangit, Asal Tidak Semuanya Direstorasi, Ada yang Ditawar Rp50 Juta

Harga Vespa jadul bisa sampai Rp 50 juta. -Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Banyak yang mengatakan, jika Vespa keluaran lama, terutama tahun 1960-an dan 1970-an itu justru lebih mahal harganya jika dijual.

Tentu ada syaratnya. Vespa jaman dulu (jadul) tersebut berada dalam kondisi yang tidak sepenuhnya direstorasi. Tapi jika sudah banyak restorasi justru harganya turun.

Hal ini seperti diungkapkan Pinesthi Mukti Rezki Wibowo. Mantan mekanik tinggal di Malang ini menjelaskan, di kalangan penggemar kendaraan klasik itu biasanya terbagi menjadi 2.

Pertama adalah mereka yang menggemari keadaan standarnya. Yang kedua unit Vespa yang telah dimodfikasi.

BACA JUGA:Festival Layang-layang Internasional, Bupati Imron: Angkat Potensi Desa di Kabupaten Cirebon

Vespanya sendiri sayangnya termasuk dalam kendaraan yang sudah banyak "dihancurkan" oleh penggemarnya. Seperti dimodif ekstrim atau restomod.

Yang merupakan restorasi sekaligus modifikasi. Seperti penggantian karburator atau sistem pengapian modern agar lebih awet.

Sementara ada beberapa orang yang menggemari bentuk standarnya dan enggan untuk membenahinya.

Memang dia mengakui beberapa tahun ini harga Vespa klasik standar, harganya mahal sekali. Termasuk yang dalam keadaan jelek sekalipun.

BACA JUGA:Gaza Bakal Diblokade Israel, Upaya Evakuasi WNI Sedang Diupayakan Pemerintah Indonesia

Salah satu penyebabnya karena banyak kaum purist yang menyukai kendaraan apa adanya. Bahkan sekadar mengganti sistem pengapian dari platina ke CDI agar lebih reliable saja mereka enggan. Hal yang banyak ditemui di penggemar mobil Eropa klasik.

Unit yang masih standar meski jelek, artinya belum diotak-atik, dirasa masih "perawan" dan masih ada "rasa" Vespanya. Mungkin bagi yang sudah dimodifikasi "rasa" tersebut sudah hilang. Hal ini lumayan umum di kalangan penggemar kendaraan klasik.

Hal yang sama juga diungkapkan Brian, yang mengaku seorang penunggang kuda bei Harley Davidson. Betul, sekarang harga Vespa tua tidak masuk akal.

Dia menyontohkan Vespa dengan model Sprint 150 tahun 1960'an dan 1970'an, yang harganya melangit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: