Vespa Jadul Harganya Melangit, Asal Tidak Semuanya Direstorasi, Ada yang Ditawar Rp50 Juta

Vespa Jadul Harganya Melangit, Asal Tidak Semuanya Direstorasi, Ada yang Ditawar Rp50 Juta

Harga Vespa jadul bisa sampai Rp 50 juta. -Istimewa-radarcirebon.com

BACA JUGA:Menhan Israel Instruksikan Kepung Gaza: Tak Ada Listrik, Makanan, Air dan Gas, Semua Ditutup

Temanya kebetulan papanya kolektor Vespa. Dia mempunyai model Vespa tahun 1972. “Itu saja beberapa waktu lalu juga ada yang menawar harga sekitaran 50 juta rupiah,” ungkap Brian.

Walau sudah tua, Vespa tersebut memang kondisinya masih original. Sama sekali belum direstorasi namun masih tampak terawat.

Jadi mengapa bisa luar biasa gilanya harga jual Vespa jadul? Ya, karena peminatnya sangat banyak beberapa tahun ini. Ditambah   jumlah unit yang ditawarkan semakin hari kian  terbatas.

“Hukum permintaan dan penawaran memang juga berlaku dalam kasus Vespa ini,” ujarnya.

BACA JUGA:Sesepuh Pondok Pesantren Gedongan: Belum Ada Dukungan Pada Capres Siapapun Alias Netral

Vespa yang ditawar Rp50 juta itu, kondisi tidak sepenuhnya direstorasi. Apalagi cat unit yang tampak masih cukup baik kualitasnya, tentu menjadi nilai tambahan tersendiri bagi harga jualnya. 

“Memang begitulah kriteria yang dipasang oleh banyak penggemar sampai makelar yang ingin memboyong,” ujarnya lagi.

Kondisi original itu memang sudah terbilang sangat sedikit persentasenya di masa modern ini. Banyak Vespa jadul yang berakhir jadi rongsokan atau memang dimodifikasi aneh-aneh.

Jadi tidak mengherankan banyak yang berani keluar uang banyak demi unit yang belum direstorasi, karena memang itu nilai jualnya.

BACA JUGA:Perkenalkan Proses Perawatan Kereta Api, Balai Yasa Mekanik Cirebon Gelar Open House

Tapi menurut Riska Rismayanti, harga Vespa jadul itu sangat mahal mungkin karena sejarahnya dan perawatannya. Bisa jadi mesinnya juga masih ori.

Jika harus ada yang penggantian sparepart, karena tahun lama dan di Indonesia susah mendapatkannya. Sparepart harus impor dari luar negri.

Jika tahun muda, kalau perawatannya bagus dan sparepart ori juga mahal harganya. “Saya waktu itu punya Vespa tahun 1976 tapi karena kurang perawatan jadi murah deh dijualnya,” ungkap penggemar Vespa jadul ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: