Bambang Mujiarto: Wujudkan Kedaulatan Pangan Harus Dimulai dari Keluarga

Bambang Mujiarto: Wujudkan Kedaulatan Pangan Harus Dimulai dari Keluarga

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST melaksanakan reses di Desa Bobos, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.-Andri Wiguna-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST menyebut persoalan pangan menjadi fokus utama yang harus dipastikan keberlangsungannya. 

Iapun mengingatkan agar masyarakat juga berperan aktif dalam upaya menjaga kedaulatan pangan.

Hal itu selaras dengan hasil Rakornas PDI Perjuangan beberapa waktu lalu dimana salah satu rekomendasinya adalah terkait manjaga dan memastikan kedaulatan pangan.

Menurut Bambang, persoalan pangan selalu menjadi prioritas yang selalu disampaikan dalam banyak kesempatan. 

BACA JUGA:Senggolan dengan yang Lawan Arah, Pengendara Motor Tewas Terlindas di Kesunean

Tidak hanya pemerintah, upaya menjaga kedaulatan pangan juga harus ada peran serta masyarakat.

"Berdaulat pangan itu harus dimulai dari rumah, dari keluarga, minimal sebagian kebutuhan pangan keluarga bisa dipenuhi sendiri."

"Untuk urusan sayuran, daging dan lain-lain, atau makanan lain pengganti beras bisa ditanam dan dibudidayakan dilingkungan rumah, kebun atau halaman," ujar Bambang saat bertemu dengan ratusan masysarakat dari Desa Bobos, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon, Kamis 12 Oktober 2023.

Dijelaskan Bambang, jika masyarakat sudah bisa memenuhi urusan pangan, maka potensi terjadinya permainan pasar atau permainan harga yang saat ini tidak akan terjadi.

BACA JUGA:Krisis Air Bersih di Kota Cirebon, Samsat Kucurkan Bantuan ke Kopiluhur

"Nantinya, pemerintah bisa bersama - sama begandengan tangan dengan masyarakat dalam menjaga kedaulatan pangan, karena sekali lagi, menjaga kedaulatan pangan bukan hanya tugas pemerintah, tapi seluruh elemen bangsa," imbuhnya.

Penguatan-penguatan persoalan pangan kata Bambang harus dirintis dari skala paling kecil dari mulai keluarga, desa, sampai kemudian menuju skala paling besar dengan tujuan menjaga kedaulatan pangan.

"Indonesia dengan potensi alam yang begitu besar sangat berpotensi menjadi slaah satu Negara adidaya dalam bidang pangan," ungkapnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase