Sejarah Rest Area Herritage Pabrik Gula Banjaratma Brebes di Km 260 Tol Trans Jawa, Didirikan Tahun 1908

Sejarah Rest Area Herritage Pabrik Gula Banjaratma Brebes di Km 260 Tol Trans Jawa, Didirikan Tahun 1908

Sejarah Rest Area Herritage Pabrik Gula Banjaratma di Km 260 Tol Trans Jawa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

BREBES, RADARCIREBON.COM - Anda yang biasa menggunakan Tol Trans Jawa pasti tidak asing dengan Rest Area Herritage Pabrik Gula Banjaratma, Kabupaten BREBES yang berada di Kilometer 260.

Kendati demikian, banyak yang belum mengetahui sejarah Rest Area Herritage Pabrik Gula Banjaratma Brebes Km 260 tersebut.

Keberadaannya memang ikonik dan menarik, karena rest area ini mengusung konsep sejarah dan herritage.

Nuansa pabrik gula, hingga aktivitas kereta angkutan tebu masih dipertahankan. Termasuk di area sekitarnya masih terlihat bekas rumah zaman dulu di sekitar area parkir.

BACA JUGA:Tol Getaci Mulai Konstruksi Januari 2024, Ujungnya Bakal Tersambung ke Tol Kuningan

Tidak hanya dari unsur sejarah Rest Area Banjaratma yang menarik, di sini juga terdapat wahana menarik untuk anak-anak.

Sehingga dapat melepas penat selama perjalanan menyusuri Jalan Tol Trans Jawa dengan sejenak menikmati wahana permainan perosotan.

Lalu, bagaimana sejarah Rest Area 260 Brebes tersebut? Bagaimana pabrik gula kemudian bertransformasi menjadi tempat istirahat di jalan tol?

Dikutip dari papan informasi sejarah Pabrik Gula Rest Area 260, ternyata sudah ada sejak tahun 1908.

BACA JUGA:Jalan Tol Cirebon - Kuningan Tembus Tasikmalaya Didesak segera Dibangun, Ini Alasannya

Pabrik Gula Banjaratma atau Suikerfabriek Banjaratma merupakan perusahaan industri gula yang pernah berdiri di Kabupaten Brebes.

Lokasi suikerfabriek atau pabrik gula ini, berada di Desa Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pabrik Gula Banjaratma didirikan oleh NV Cultuurmaatschappij sebuah perusahaan perkebunan yang berkantor pusat di Amsterdam, Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: