19 Artefak Peninggalan Rasullullah SAW dan Ulama Cirebon Dipamerkan dalam Rangka HSN 2023

19 Artefak Peninggalan Rasullullah SAW dan Ulama Cirebon Dipamerkan dalam Rangka HSN 2023

PCNU Kabupaten Cirebon bersama GWMAR Malaysia menggelar jumpa pers terkait pameran artefak Rasulullah SAW dan manuskrip ulama Cirebon, Sabtu 21 Oktober 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten CIREBON bersama Galeri Warisan Museum Artefak Rasulullah (GWMAR) Malaysia menggelar pameran Artefak Rasulullah SAW dan manuskrip Ulama CIREBON.

Pameran tersebut berlangsung selama 25 hari, mulai dari tanggal 22 Oktober hingga 16 November 2023, di asrama haji Watubelah, Kabupaten Cirebon.

KH Aziz Hakim selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon mengungkapkan, pada pameran tersebut juga akan dipamerkan manuskrip ulama Cirebon, seperti manuskrip dari Ponpes Gedongan dan Ponpes dari Babakan Ciwaringin.

BACA JUGA:Masjid Lautze Gelar Hapus Tato, Warga Amtusias

"Manuskrip kita terjemahkan menjadi 2 hal, pertama manuskrip itu draf karya ulama Cirebon yang tidak pernah diterbitkan, yang kedua manuskrip itu karya-karya literasi ulama terdahulu yang sudah diterbitkan," ungkapnya saat menggelar jumpa pers di sekertariat PCNU Kabupaten Cirebon Jl Dewi Sartika, Kabupaten Cirebon.

KH Azis Hakim mengatakan, peringatan HSN 2023 merupakan momentum yang tepat untuk mengedukasi para generasi muda dan mengenal sejarah Rasulullah dan Khazanah Ulama-Ulama Cirebon.

Sementara itu, Ketua Kordinator HSN 2023 Kabupaten Cirebon, Agung Firmansyah menyebutkan, pameran Artefak tersebut dibuka dari jam 9.00 WIB sampai 20.00 WIB.

BACA JUGA:Gibran Diusung Jadi Cawapres Prabowo, Puan: Semalam Sudah Pamitan

"Pengunjung yang ingin nelihat pameran akan dikenakan biaya Rp10 ribu per orang untuk pelajar, sedangkan untuk umum sebesar Rp15 ribu per orang."

"Untuk awal, pameran digelar dari tanggal 22 hingga 25 Oktober. Kemudian, kita lanjutkan kembali tanggal 1 November," sebut ketua Lesbumi ini.

Masih di tempat yang sama, Yevittiana Lusya selaku pengarah Galeri Warisan Museum Artefak Rasulullah (GWMAR) Malaysia untuk Indonesia menjelaskan, ada beberapa item artefak yang akan dipamerkan.

"Yang kita pamerkan yaitu rambut Nabi Muhammad SAW, ada batu pondasi dinding Ka'bah, Kiswah Ka'bah dari rukun Yamani, dan masih banyak lagi. Untuk di Cirebon ini Insya Allah ada 19 item artefak yang dipamerkan," jelasnya.

BACA JUGA:Inilah Alasan Prabowo Subianto Belum Mendaftar ke KPU Sebagai Capres di Pemilu 2023

Dirinya menambahkan, artefak-artefak yang juga akan dihadirkan dalam pameran itu adalah benda-benda yang dahulunya pernah digunakan oleh keluarga Rasulullah. Seperti tempat air minum dan beberapa benda-benda lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase