GBS Akan Terjadi pada Minggu 29 Oktober 2023, Berikut Rincian Wilayah yang Bisa Melihat Fenomena Ini

GBS Akan Terjadi pada Minggu 29 Oktober 2023, Berikut Rincian Wilayah yang Bisa Melihat Fenomena Ini

Gerhana Bulan Sebagian (GBS).-Alexandra Georgieva-pexels.com

RADARCIREBON.COMFenomena alam berupa gerhana bulan diprediksi kembali akan terjadi dan bisa dilihat oleh penduduk Indonesia.

Gerhana kali ini disebut sebagai Gerhana Bulan Sebagian (GBS), diprediksi akan terjadi pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Disebut GBS, fenomena alam ini lantaran terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Dilansir dari laman BMKG, GBS terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra Bumi.

BACA JUGA:Ikut Turnamen Sepakbola Piala Danjen Kopassus, SSB Mandiri Cirebon Buka Seleksi Pemain U-12

Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di bagian yang terkena umbra Bumi tersebut.

Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan, sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Adapun rincian daerah yang dapat melihat GBS nanti, yaitu sebagai berikut:

BACA JUGA:Berkasnya Dinyatakan Lengkap oleh Kejagung, Panji Gumilang Siang Disidangkan?

1. Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah dapat melihat GBS pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 02:34 WIB sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 03:53 WIB;

2. Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo dapat melihat GBS pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 03:34 WITA sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 04:53 WITA;

3. Maluku Utara dan sebagian besar Maluku dapat melihat GBS pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04:34 WIT sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 05:53 WIT;

BACA JUGA:Slow Vape Cirebon Dibobol Maling, Diduga Pencuri Spesialis Toko Vape

4. Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku dapat melihat GBS pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04:34:37 WIT sampai waktu Bulan terbenam di wilayah setempat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase