Panji Gumilang Pernah Berusaha Mendamaikan Palestina dan Israel, 13 Duta Besar Datang ke Al Zaytun

Panji Gumilang Pernah Berusaha Mendamaikan Palestina dan Israel, 13 Duta Besar Datang ke Al Zaytun

Momen Panji Gumilang bersama 13 duta besar di Al Zaytun merintis upaya mendamaikan Israel dan Palestina.-Dok. Al Zaytun-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM – Pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Mahad Al Zaytun INDRAMAYU, Panji Gumilang pernah berusaha mendamaikan Palestina dan Israel.

Bahkan, upaya mendamaikan Palestina dan Israel tidak sekadar menjadi retorika belaka. Sebanyak 13 duta besar diundang datang ke Al Zaytun, termasuk di dalamnya adalah dari Palestina.

Pada momen 1 Muharram 2006 Panji Gumilang yang sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Duta Besar Palestina, Ribhi Awad menggaungkan rencana tersebut.

Bahkan perwakilan duta besar dari negara Timur Tengah, Afrika hingga Asia diundang hadir di acara tersebut.

BACA JUGA:Amerika Serikat Kerahkan 900 Tentara, Kirim 2 Iron Dome untuk Bantu Israel

Mereka kemudian melakukan pembicaraan mengenai upaya mendamaikan Israel dan Palestina lewat jalur diplomasi.

Gagasan yang digaungkan Syekh Panji Gumilang tersebut memang ditentang sebagian duta besar, tetapi tidak sedikit pula yang menyatakan sikap setuju.

Sebagian menyatakan bahwa hal tersebut perlu dikonsultasikan dengan negara masing-masing sebelum bersikap.

Namun, upaya diplomasi tersebut merupakan langkah maju di tengah upaya mendamaikan kedua negara tersebut.

BACA JUGA:Dukung Hamas dalam Mempertahan Wilayahnya, Presiden Erdogan: Agresi Israel di Gaza Sangat Biadab

Apalagi bila berkaca dengan kejadian sekarang ini, situasi perang antara Hamas dan Israel terus berkecamuk dan menyebabkan ribuan korban meninggal dunia, luka-luka hingga kehilangan tempat tinggal.

Kembali ke momen rintisan perdamaian tersebut, pada duta besar negara sahabat tersebut hadir di Mahad Al Zaytun dan mengikuti urun rembuk untuk perdamaian Palestina dan Israel.

Juga dibahas bagaimana kedua negara bisa bermitra juga menjalin hubungan yang baik. Mengingat Palestina dan Israel berbatasan secara langsung dan semestinya banyak hal yang bisa dikomunikasikan antar kedua negara.

Upaya yang dilakukan Syekh Panji Gumilang juga pada momen penting yakni 1 Muharam. Dengan harapan dapat membawa kebaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: