5 Sayuran Penjaga Kesehatan Ginjal, Wajib Dikonsumsi Sejak Dini

5 Sayuran Penjaga Kesehatan Ginjal, Wajib Dikonsumsi Sejak Dini

Paprika merah salah satu sayuran yang bagus untuk kesehatan ginjal. Foto:-Rafel AL Saadi-pexels.com

Kandungan potasium di dalam paprika merah sangat rendah sehingga bagus untuk ginjal.

Kadar potasium di dalam darah salah satu penyebab penyakit ginjal kronis. Itu karena ginjal akan bekerja ekstra membersihkan potasium di dalam darah.

Bahkan, kadar potasium yang tinggi dalam darah sulit untuk dibersihkan oleh ginjal.

Di samping itu, paprika merah juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh antara lain vitamin C, A, B6. 

Masih ada nutrisi dalam sayuran yang satu ini yaitu asam folat dan serat. Maka, paprika merah sangat baik dikonsumsi dengan cara ditambahkan ke dalam salad atau langsung dimakan mentah-mentah. 

4. Kubis

Sayuran penjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah kubis. Ini juga sayuran yang istimewa sebab bebas dari potasium. Sehingga, rutin mengonsumsi kubis sangat bagus untuk kesehatan hati dan ginjal. 

Salah satu sayuran dari golongan cruciferous ini sangat kaya kandungan phytochemical. Kandungan ini dapat membantu melawan radikal bebas. 

Radikal bebas adalah penyebab utama dari beberapa penyakit kronis antara lain, kanker. Di dalam kubis juga terdapat kandungan nutrisi penting. 

Antara lain ada serat, vitamin B6, K, C, dan asam folat. Berbagai kandungan nutrisi itu lah yang membuat kubis menjadi makanan yang ramah ginjal.

5. Asparagus

Terakhir adalah asparagus. Sayuran ini kata akan kandungan asparagin. Sifatnya yaitu dapat membersihkan ginjal dengan sangat efektif. 

Asparagus juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah batu ginjal dan memfasilitasi fungsi ginjal.

Selain itu juga membantu meningkatkan aksi seluler di ginjal. Sayuran ini adalah sumber serat, vitamin A, C, E, dan K.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: