Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Gaza Palestina, Dijadwalkan Tiba di Mesir 6 November 2023

Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Gaza Palestina, Dijadwalkan Tiba di Mesir 6 November 2023

Situasi permukiman warga Palestina yang porak-poranda di dekat Jalur Gaza, pasca serangan oleh pesawat tempur Israel. Operasi Badai Al Aqsa telah memicu eskalasi pertempuran antara Hamas dan Israel.-Motaz Azaiza via Eye on Palestine-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza Palestina akibat serangan militer Israel dengan dalih memburu militan Hamas, membuat negara-negara di dunia marah dan prihatin.

Selain mengecam tindakan Israel yang menyerang warga sipil dan menghancurkan sejumlah fasilitas publik, Indonesia pun ingin terlibat membantu warga Gaza dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Pasalnya, sikap politik luar negeri Indonesia terhadap konflik yang sudah berlangsung puluhan tahun ini, sudah jelas, yakni mendukung perjuangan Palestina dalam memperoleh kemerdekaannya. 

Presiden Joko Widodo dalam pernyataan resminya pun mengungkapkan bahwa pemerintah akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan sesuai dengen kebutuhan masyarakat Gaza.

BACA JUGA:Warga Desa Kalimekar Gebang Inginkan Kuwunya Mundur, Diduga Lakukan Tindakan Amoral dengan Sang Bendahara

Menindak lanjuti arahan dari Jokowi, TNI menyiapkan 2 pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik Angkatan Udara untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. 

Laksda Julius Widjojono selaku Kepala Pusat Penerangan TNI mengungkapkan, selain menyiapkan 2 pesawat Hercules dari Skadron Udara 31 dan 32, TNI juga menyiakan 2 pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut.

Adapun dua pesawat pendukung yang disiapkan anatara lain satu pesawat carter yakni Boeing 737 Garuda dari Polri juga akan dilibatkan dalam pengiriman bantuan untuk warga Palestina.

"Sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat," ujarnya.

BACA JUGA:Tok! Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang Jadi Tersangka Kasus Dugaan TPPU

Menurut Laksda Julius, saat ini pihak Kementerian Luar Negeri RI sedang mengajukan nota diplomatik visa terkait over flight clearance, landing permit, ground handling, dan lain-lain. 

Sedangkan Kementerian Pertahanan RI membantu pembiayaan pengiriman bantuan.

Laksda Julius juga mengungkapkan bahwa nantinya Presiden Jokowi sendiri yang akan akan melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina ini pada Sabtu 4 November pada pukul pukul 08.30 WIB di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Adapun rute penerbangan tiga pesawat bantuan kemanusiaan ini antara lain Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta)-Aceh-Yangon Myanmar-New Delhi India-Abu Dhabi UEA-Jeddah Arab Saudi-El Arish Mesir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase