Pemerintah Berkolaborasi Bersama PLN UP3 Cirebon, Kembali Realisasikan BPBL di Arjawinangun

Pemerintah Berkolaborasi Bersama PLN UP3 Cirebon, Kembali Realisasikan BPBL di Arjawinangun

penerapan program BPBL di 3T, seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses listrik sebagai bentuk energi berkeadilan.-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah melalui PT PLN (Persero) memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada warga kurang mampu di Desa Lungbenda, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Dengan penerapan program BPBL di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses listrik sebagai bentuk energi berkeadilan.

Bantuan ini sejalan dengan komitmen PLN mendukung program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi (RE). Peresmian dan penyalaan pertama telah dilakukan pada Jum’at (24/11) kepada penerima bantuan di Desa Lungbenda.

Maryati, salah satu penerima bantuan sambungan listrik dari Desa Lungbenda mengucapkan syukur atas bantuan listrik yang diterima. Maryati mengatakan sebelum mendapat bantuan ini, dirinya menyalur listrik dari rumah orang tua.

BACA JUGA:Jejak Pelarian OS Pelaku Pembunuhan di Dukupuntang Cirebon, Sempat Singgah di Bekasi

BACA JUGA:Indonesia 'Banjir' Susu Hari Pertama Kampanye Partai Gerindra

“Dengan bantuan ini, saya jadi punya meter sendiri. Terima kasih PLN dan Pemerintah,” ujarnya.

Manager PLN UP3 Cirebon, Wiedhyarno Arief Wicaksono mengatakan adanya listrik sangat bermanfaat bagi warga, namun tidak semua mampu membayar biaya penyambungan.

“Terima kasih kepada PLN dan Kementerian ESDM atas kerja sama dalam penyambungan listrik untuk masyarakat. Semoga kedepan lebih banyak penerima manfaat program BPBL,” ucap Wiedhyarno.

Senada dengan Wiedhyarno, Koordinator Humas & Layanan Informasi Publik Ditjen Ketenagalistrikan, Pandu Satria Jati menyampaikan kesediaan listrik yang cukup, andal dan ramah lingkungan merupakan kebutuhan masyarakat. Tapi, masih terdapat masyarakat yang belum dapat menikmati listrik karena kendala biaya.

BACA JUGA:36 Jam Kabur, Pelaku Pembunuhan di Dukupuntang Ditangkap Polresta Cirebon, Ternyata Suami Siri Korban

BACA JUGA:Sejarah Durian Sinapeul Majalengka Ternyata Ditemukan Oleh Tentara Era Penjajahan Belanda

“Salah satu upaya Pemerintah meningkatkan rasio elektrifikasi dan memberikan akses listrik kepada masyarakat adalah melalui program BPBL. Kementerian ESDM berharap kerjasama yang baik antara Kementrian ESDM disini adalah DJK Ditjen Ketenagalistrikan, Pemerintah Kabupaten Cirebon dan PLN dapat terus terjalin,” ujar Pandu.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menyatakan PLN akan terus mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) agar seluruh masyarakat dapat mengakses listrik sehingga bisa membantu mendorong roda perekonomian.

“Ini adalah bentuk upaya dukungan PLN terhadap program yang dirancang oleh Pemerintah, di mana semua masyarakat dapat merasakan dan mengakses listrik dan semoga dengan adanya listrik ini, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian,” kata Susiana.(via/opl).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: