5 Fakta Unik Kayu Eboni, Kayu Hitam Langka Sulawesi Sangat Terkenal di Jepang, Menandakan Status Sosial

5 Fakta Unik Kayu Eboni, Kayu Hitam Langka Sulawesi Sangat Terkenal di Jepang, Menandakan Status Sosial

Kayu eboni atau kayu hitam dari Sulawesi, salah satu kayu terbaik asli Indonesia yang berhasil menembus pasar global. Foto:-Tangkapan layar-Adnan Buyung/Youtube

Harganya pun akan semakin tinggi di pasaran global karena mutunya dinilai sebagai yang terbaik. Tekstur alami kayu eboni juga halus karena pori-pori yang rapat dan padat.

Hal ini menjamin massa kayu eboni yang menyebabkan kayu ini lebih kokoh dan kuat serta mudah untuk diolah terutama saat di-finishing.

Dengan demikian, permukaan kayu eboni yang sudah diolah menjadi berbagai produk seni dan furnitur bisa mencapai tingkat kehalusan yang sempurna.

3. Kayu langka dan hampir punah

Perburuan yang masif terhadap kayu eboni di Sulawesi menyebabkan produksinya terus menurun. Pohon eboni semakin langka, menyebabkan kayu eboni dengan mutu yang baik semakin jarang di pasaran.

Bahkan, pohon eboni termasuk golongan yang rentan kepunahan. Selain karena permintaan pasar yang tinggi, hal ini juga dipengaruhi oleh pertumbuhan pohon eboni di alam yang termasuk lambat.

Untuk mengatasi kelangkaan pohon eboni, pemerintah sejak beberapa tahun lalu, mulai menggalakan penanaman kembali. Tercatat sudah puluhan ribu bibit pohon eboni yang ditanam di wilayah Sulawesi.

4. Manfaat kayu eboni

Kayu eboni kerap digunakan sebagai bahan furnitur atau mebel premium dan mewah. Konsumen produk kayu eboni berasal dari kalangan atas.

Di Jepang, penggunaan kayu eboni atau produk tertentu dari bahan kayu eboni menandakan status sosial seseorang. Ya hal ini terjadi lantaran kayu ini tergolong produk dan komoditi yang mewah dan berkelas.

Mutu kayu eboni yang sangat baik, jika dipadukan dengan keterampilan tangan para perajin atau seniman kayu, maka akan menghasilkan produk unggulan yang bernilai seni dan dihargai sangat tinggi di pasar global.

Tidka heran, kayu eboni dinilai sebagai komoditi yang sangat menguntungkan dan menjadi lumbung emas. Sehingga perburuan dan eksploitasi kayu eboni dilakukan secara besar-besaran.

Selain mebel, kayu eboni juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai benda seni seperti ukiran patung dan kaligrafi. Kayu eboni juga bagus untuk bahan pembuatan alat musik serta hiasan di dalam ruangan.

5. Harganya mahal

Fakta unik kayu eboni yang perlu Anda kethaui berikutnya adalah harganya yang mahal. Kayu eboni bernilai tinggi di pasaran lantaran karakteristiknya yang disebutkan tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: