Gandeng IPB Cirebon, The Japan Foundation Sukses Gelar JLPT 2023 di Cirebon

Gandeng IPB Cirebon, The Japan Foundation Sukses Gelar JLPT 2023 di Cirebon

The Japan Foundation bersama dengan Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) sukses menggelar Japanese Language Proficiency Test (JLPT), Sabtu (2/12/2023)-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - The Japan Foundation bersama dengan Institut Pendidikan dan Bahasa CIREBON (IPB CIREBON) sukses menggelar  Japanese Language Proficiency Test (JLPT), Sabtu (2/12/2023). Kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar di CIREBON.

Pada JLPT tahun ini, pendaftarnya terbilang cukup besar, mengingat peserta yang hadir tidak saja berasal dari CIREBON, tapi juga dari daerah-daerah di sekitarnya. Peserta yang hadir tercatat mencapai 350 orang lebih.

Asisten Director JLPT The Japan Foundation Misako Kono menjelaskan bahwa JLPT merupakan ujian kemampuan Bahasa Jepang bagi penutur asing. Ujian ini diselenggarakan oleh pemerintah Jepang dan digelar serentak di seluruh dunia. Biasanya digelar dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Juli dan Desember.

"Di Indonesia ada di 13 kota, dan yang terbaru adalah di CIREBON yang dimulai tahun 2023 ini," Ungkap Kono.

BACA JUGA:Bambang Dorong UMKM Maju dan Terus Berkembang

BACA JUGA:Pansus DPRD Terima Ekspose Raperda PMPD Perumda Air Minum dari Tim Asistensi

Dalam ujian tersebut digelar untuk ujian level N1-N5. Kono menyebut bahwa pelaksanaan ujian JLPT 2023 di Cirebon berlangsung dengan lancar dan sukses. Bahkan antusias peserta juga sangat baik.

"Semoga kedepannya ada lebih banyak peserta yang ikut ujian ini. Karena setahu saya yang waktu pendaftaran ujian, Kuota peserta di Cirebon sangat cepat habis. Kalau panitia bisa tambah kuota buat tahun depan, semoga lebih banyak orang di sekitar Cirebon yang bisa ikut juga," bebernya.

Sementara itu, Kaprodi Sastra Jepang IPB Cirebon, Yanti Hidayati SPd Mhum mengaku bersyukur pelaksanaan ujian JLPT di wilayah Cirebon berlangsung dengan baik. Pihaknya juga mengaku tersanjung dengan The Japan Foundation yang telah memberikan kepercayaan kepada IPB Cirebon dalam menyelenggarakan JLPT di wilayah Cirebon.

"Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan lagi ujian JLPT pada bulan Juli 2024. Mudah-mudahan pelaksanaanya bisa berlangsung lebih baik lagi," ungkapnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Raker Bapemperda, Ada 11 Raperda pada Propermperda 2024

BACA JUGA:9 Pengedar Narkoba Diamankan Polres Cirebon Kota, 3 Tersangka asal Kuningan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: