Militer Nigeria Akui Tak Sengaja Lempar Bom, 85 Warga Tewas Saat Peringati Maulid Nabi SAW

Militer Nigeria Akui Tak Sengaja Lempar Bom, 85 Warga Tewas Saat Peringati Maulid Nabi SAW

Ilustrasi bom -Pixabay-

RADARCIREBON.COM - Puluhan oranh tewas saat sedang merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Minggu malam 3 Desember 2023 waktu setempat.

Terhitung ada 85 orang tewas dalam insiden ledakan bom di Nigeria yang diduga dilakukan oleh militer Nigeria.

Serangan ini terjadi di di desa Tudun Biri di kawasan dewan Igabi negara bagian Kaduna, Nigeria.

BACA JUGA:Ketua RW di Langensari Kota Cirebon Dilaporkan ke Polres Ciko Lantaran Persoalan Ini..

Gubernur Kaduna, Uba Sani mengatakan warga sipil dibunuh secara keliru dan banyak lainnya terluka oleh pesawat tak berawak yang sejatinya menargetkan para pemberontak.

Badan Manajemen Darurat Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa “sejauh ini 85 mayat telah dikuburkan sementara pencarian masih berlangsung”.

Kantor Amnesty International di Nigeria mengatakan 120 orang tewas dalam serangan itu, mengutip laporan dari para pekerja dan sukarelawan di daerah tersebut.

“Banyak dari mereka adalah anak-anak dan masih banyak lagi mayat yang ditemukan,” Isa Sanusi, direktur kelompok tersebut di Nigeria.

BACA JUGA:Pengawasan Pemilu di Kota Cirebon Sesuai Pemetaan Kriteria Wilayah

Menurut warga Igabi, Mustapha Rufai, setidaknya 50 jenazah telah ditemukan, dan militer bilang tidak sengaja melemparkan bom ke arah mereka yang sedang memperingati hari raya Maulid Nabi Muhammad SAW.

Serangan tersebut merupakan yang terbaru dalam pemboman yang tidak disengaja terhadap warga di wilayah-wilayah bermasalah di Nigeria.

Februari 2014 lalu ketika sebuah pesawat militer Nigeria menjatuhkan bom di Daglun di negara bagian Borno yang menewaskan 20 warga sipil dan September 2022, setidaknya terdapat 14 insiden pemboman serupa yang terdokumentasi di kawasan pemukiman.

Serangan pemberontak telah menghancurkan wilayah barat laut dan tengah Nigeria. 

BACA JUGA:Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Nataru 2023-2024, Cek Jadwal Pemberangkatan dan Kota Tujuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase