Pelatihan Tular Nalar untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024, Digelar Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Pelatihan Tular Nalar untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024, Digelar Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Pelatihan Tular Nalar digelar Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menangkal hoaks Pemilu 2024. --

RADARCIREBON.COM - Pelatihan Tular Nalar "Sekolah Kebangsaan: Penginderaan Hoax Untuk Pemilu" digelar di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

Program pelatihan ini digelar oleh Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Selain itu, program ini diprakarsai Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) serta didukung oleh Google.org.

tujuannya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama para mahasiswa tentang pemilu, demokrasi, penginderaan hoaks dan waspada sanksi dalam  konteks Pemilihan Umum 2024. 

BACA JUGA:Mungkin Anda Belum Tahu, Manfaat Air Rebusan Kayu Secang Sangat Banyak untuk Kesehatan, Cek Infonya di Sini

Dr Arief Rachman MSi, Ketua Jurusan KPI IAIN Syekh Nurjati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya acara ini.

Menurutnya kolaborasi ini penting dilakukan karena para mahasiswa ini adalah pemilih pemula yang belum mepunyai pengalaman pemilu sebelumnya. 

Hadir dalam acara ini Nurul Fajri, SPdI MIKom selaku perwakilan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cirebon.

Dalam fajri menyampaikan pesan terkait pentingnya pengawasan dalam proses pemilu dan partisipasi aktif masyarakat.

BACA JUGA:Plt Walikota Cirebon Resmikan 5 Kampung KB

BACA JUGA:Mantan Kuwu dan Lurah Menjadi Mesin Pemenangan Prabowo Gibran

Dia mengungkapkan, bahwa pemilih pemula yang termasuk kategori gen z ini prosentasinya mencapai 52 persen dari total pemilih pemilu 2024.   

Acara ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang dibagi menjadi 10 kelompok dan dipandu oleh 10 fasilator. 

Dalam acara tersebut para peserta terlibat aktif dalam diskusi mendalam dan sesi tanya jawab dengan para fasilitator  yang ahli di bidangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: