Waspada! Obesitas Bisa Jadi Pemicu Penyakit Kanker Pangkreas

Waspada! Obesitas Bisa Jadi Pemicu Penyakit Kanker Pangkreas

Ilustrasi obesitas pada anak hingga orang dewasa.-Gerd Altman-Pixabay

RADARCIREBON.COM – Secara umum pengidap obesistas rentan terserang penyakit lain, seperti jantung, liver dan diabetes.

Baru-baru ini, sebuah kajian ilmiah mencoba memaparkan mengapa orang dengan obesitas dan diabetes tipe 2 lebih berisiko terkena kanker pankreas. 

Sejumlah ilmuwan yang melakukan studi ini menghubungkan tingkat insulin yang tinggi dengan perkembangan kanker jenis ini. 

Tim dari University of British Columbia mengatakan temuan ini menyoroti betapa pentingnya menjaga tingkat insulin dalam kisaran yang sehat dan mengatakan bahwa temuan ini dapat berdampak pada kanker lain yang terkait dengan obesitas dan diabetes.

BACA JUGA:366 Personel Polresta Cirebon Bersiaga Amankan Rute Perjalanan Kunjungan Kerja Presiden RI

BACA JUGA:Kunjungi Pengrajin Rotan Cirebon, Pemprov Jabar Komitmen Tingkatkan Ekspor ke Asia dan Australia

Para ilmuwan menemukan bahwa peningkatan kadar insulin menyebabkan sel asinar pankreas, yang menghasilkan cairan pencernaan, menjadi terlalu terstimulasi. 

Hal ini pada gilirannya memicu peradangan yang mengubah sel menjadi sel prakanker.

“Seiring dengan peningkatan pesat obesitas dan diabetes tipe 2, kita melihat peningkatan yang mengkhawatirkan dalam angka kanker pankreas,” kata rekan penulis senior Dr James Johnson, seorang profesor.

“Temuan ini membantu kita memahami bagaimana hal ini terjadi, dan menyoroti pentingnya menjaga tingkat insulin dalam kisaran yang sehat, yang dapat dicapai dengan diet, olahraga, dan dalam beberapa kasus, pengobatan,” katanya seperti dikutip dari diabetes.co.uk, Kamis 4 Januari 2024. 

BACA JUGA:Mayat Tanpa Identitas Mengapung di Kali Suba, Kapolsek Seltim: Warga yang Kehilangan Keluarga Segera Lapor

Studi ini mengamati jenis kanker pankreas yang paling umum dan agresif, adenokarsinoma duktal pankreas (PDAC), yang memiliki tingkat kelangsungan hidup lima tahun kurang dari 10 persen. 

Jenis kanker pankreas ini ditetapkan menjadi penyebab kematian akibat kanker nomor dua pada tahun 2030.

Tim peneliti telah memulai uji coba baru yang melibatkan orang-orang dengan PDAC untuk membantu mereka mengontrol kadar gula darah dan insulin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase