5 Pengganti Nasi dalam Menu Diet Sehat

5 Pengganti Nasi dalam Menu Diet Sehat

Ubi ungu-Foto: istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Nasi putih sudah menjadi sumber karbohidrat sehari-hari. Untuk mengoptimalkan kinerja manusia, sumber karbohidrat ini harus ditambah.

Namun sebagian orang mencari alternatif sumber karbohidrat selain nasi, salah satunya dijadikan menu diet. Pasalnya nasi sendiri juga mengandung gula yang cukup banyak, apalagi saat panas.

Dengan mengonsumsi karbohidrat sebagai pengganti nasi putih, Anda akan membantu menjaga berat badan dan mempermudah diet. 

BACA JUGA:Mengulik Nasi Kasreng Bu Kasrih, Kuliner Legendaris Khas Kuningan

Sebagai informasi, berikut kita simak 5 pengganti nasi dalam menu diet sehat:

1. Beras merah

Pengganti nasi putih yang pertama adalah beras merah. Beras merah adalah beras yang tidak digiling. Oleh karena itu masih memiliki lapisan epidermis yang banyak mengandung serat, protein, flavonoid dan antioksidan.

Kandungan seratnya dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol. Protein juga dapat membantu pembentukan otot dan meningkatkan metabolisme.

BACA JUGA:Dimasak ala 'Baheula', Suasana Tempo Dulu Hadir di Saung Kopi Hawwu Kuningan

Flavonoid dan antioksidan dapat membantu mencegah peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Jagung

Pengganti nasi putih selanjutnya adalah jagung. Jagung adalah biji-bijian yang berwarna kuning, putih atau merah. Jagung mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin B1, B2 dan B3.

Selain itu jagung juga mengandung vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Selain itu, jagung juga mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.Jagung dapat dimakan dengan cara direbus dan dipanggang. 

Sebenarnya jagung juga bisa digunakan untuk membuat tepung jagung atau popcorn. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: