Inilah 4 Jenis Salep untuk Mengatasi Penyakit Jamur Pada Kulit

Inilah 4 Jenis Salep untuk Mengatasi Penyakit Jamur Pada Kulit

Inilah 4 Jenis Salep untuk Mengatasi Penyakit Jamur Pada Kulit-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Infeksi jamur merupakan penyakit kulit yang umum terjadi. Pasalnya, ada jutaan spesies jamur yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar kita.

Seperti di tanah, tanaman, permukaan perabot rumah, bahkan di kulit. Nah, beberapa dari mereka bisa menyebabkan infeksi kulit dengan gejala yang mengganggu.

Untungnya, masalah kesehatan tersebut bisa diatasi dengan mudah dengan menggunakan salep jamur kulit. Namun, tentu saja pengobatan harus disesuaikan dengan jenis infeksi jamur yang dialami. Yuk, simak ulasannya di sini.

Jenis Infeksi Jamur Kulit

Infeksi jamur terdiri dari berbagai macam jenis dan bisa menyerang bagian tubuh mana pun. Beberapa jenis infeksi jamur yang paling umum terjadi, antara lain:

  • Athlete’s foot (tinea pedis), kurap pada kulit kaki yang sering terjadi akibat berjalan tanpa alas kaki di kamar mandi umum atau ruang ganti.
  • Jock itch (tinea cruris), infeksi jamur yang muncul di selangkangan.
  • Kurap (ring worm), infeksi jamur ini bisa terjadi di mana saja pada tubuh.
  • Infeksi ragi, jenis infeksi jamur ini bisa berkembang pada kulit, mulut atau alat kelamin.

Jenis Salep Jamur Kulit

Kebanyakan infeksi jamur tidak menyebabkan masalah serius. Namun, masalah kesehatan tersebut bisa menimbulkan gejala yang mengganggu yang membuat pengidapnya tidak nyaman. Gejala infeksi jamur, antara lain iritasi, kemerahan, kulit bersisik, kemerahan, gatal, dan lepuhan.

Nah, pengobatan yang paling umum untuk mengatasi infeksi jamur sekaligus meredakan gejalanya adalah obat antijamur.

Sebenarnya obat antijamur tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari obat minum (tablet atau kapsul), obat topikal (krim, gel, salep), dan suntikan.

Dokter akan menentukan jenis pengobatan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan infeksi jamur. 

Namun, obat antijamur yang paling sering digunakan untuk meredakan gejala infeksi jamur kulit adalah obat topikal seperti salep. Obat ini bisa didapatkan dengan mudah di toko kesehatan dan penggunaannya juga sangat mudah.

Berikut beberapa salep jamur kulit yang paling umum dan manfaatnya:

1. Klotrimazol

Klotrimazol merupakan obat antijamur yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup dioleskan pada kulit dua kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: