Tahun Ini Pemprov Jabar Mulai Bangun 144 Sekolah Baru, Target Selesai 2029

Tahun Ini Pemprov Jabar Mulai Bangun 144 Sekolah Baru, Target Selesai 2029

Pelaksana Harian (Plh) Sekda Jabar Taufik Budi Santoso menghadiri acara Beja (Bewara Jawa Barat) Vol.1 di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 9 Januari 2024.-Biro Adpim Jabar-

"Angkanya nanti kita sampaikan lebih lanjut. Yang pasti pembangunan satu sekolah membutuhkan anggaran kurang lebih Rp3 miliar, itu kebutuhan minimal, belum termasuk aset tanahnya itu tergantung lokasi," ungkapnya. 

BACA JUGA:Tempat Wisata Sekaligus Untuk Berobat, Cek Lokasinya di Cirebon

BACA JUGA:Lingard Ingin Gabung Barcalona, Akankah ini Terwujud?

Taufik melanjutkan, harga tanah di Kota Depok lebih tinggi ketimbang daerah lainnya di Jabar. 

Untuk itu pihaknya terus menginventarisir termasuk bekerja sama dengan pemda kabupaten/kota terkait upaya pemanfaatan fasilitas umum dan fasilitas sosial menjadi fasilitas pendidikan. 

"Kota Depok tentunya harganya akan tinggi dibanding tempat lain. Tapi kita sedang inventarisir dan kita coba kerja sama dengan pemkab dan pemkot bagaimana memanfaatkan fasos dan fasum yang ada di kabupaten/kota untuk bisa diakses menjadi SMA/SMK," jelasnya. 

Selain itu, dalam pembangunan 144 sekolah baru, pihaknya juga membuka kemungkinan kerja sama dengan badan usaha melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR). 

BACA JUGA:Ternyata ini 7 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Beserta Penjelasannya

"Kita membuka kemungkinan dari CSR untuk anggarannya kalau ada badan usaha yang mau berkontribusi," ucap Taufik.

Prioritas pembangunan sekolah baru itu akan diutamakan bagi wilayah yang sudah tersedia aset tanahnya. 

"Dari 144 itu kita akan prioritaskan wilayah yang asetnya sudah tersedia, aset tanah terutama. Karena ini penting, pembangunan bisa dilakukan kalau asetnya tersedia," sebutnya. 

Sementara target pembangunan 144 unit sekolah selesai dalam waktu lima tahun ke depan. 

BACA JUGA:Kejaksaan Sudah Minta Data Alun-alun Pataraksa Cirebon ke Inspektorat, Begini Komentar Iyan Ediyana

"Selesai paling tidak dalam lima tahun ke depan yang 144. Syaratnya tadi, asetnya harus clear and clean dulu baru bisa kita bangun," ujar Taufik. 

Terkait guru, jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari 144 unit sekolah baru, termasuk sarana dan prasarana pendukungnya seperti meja kursi, dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase