Mata Anda Sakit Saat Anda Mengedipkan Mata, Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Cara Mengatasinya

Mata Anda Sakit Saat Anda Mengedipkan Mata, Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Cara Mengatasinya

Mata Anda Sakit Saat Anda Mengedipkan Mata, Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Cara Mengatasinya-Foto : Ist-

Tak hanya itu, mata kering juga akan membuat mata Anda menjadi merah, gatal, perih, bahkan bisa mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.

3. Konjungtivitis alergi

Bila keluhan mata sakit saat berkedip disertai dengan mata gatal, merah, dan berair, bisa saja penyebabnya adalah konjungtivitis alergi.

Seperti namanya, kondisi ini terjadi akibat paparan zat pemicu alergi (alergen) berupa debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, atau berbagai bahan yang terkandung dalam detergen dan parfum.

Paparan berbagai zat tersebut bisa membuat mata menjadi iritasi, gatal, dan kemerahan. Selain itu, konjungtivitis alergi juga akan memicu timbulnya rasa sakit dan nyeri serta rasa seperti ada yang mengganjal ketika Anda mengedipkan mata.

BACA JUGA:5 Guru Besar Baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dikukuhkan

4. Blefaritis

Blefaritis merupakan istilah medis untuk menggambarkan peradangan pada kelopak mata. Kondisi ini dapat menyebabkan kelopak mata menjadi bengkak dan kemerahan yang tentunya akan menimbulkan mata sakit saat berkedip.

Sampai saat ini, penyebab blefaritis masih belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa hal, seperti infeksi bakteri dan penyumbatan pada kelenjar minyak di bagian dalam kelopak mata, diduga bisa menyebabkan terjadinya kondisi ini.

5. Iritis

Iritis atau yang sering juga disebut uveitis anterior adalah peradangan yang terjadi pada iris, yaitu bagian berwarna pada mata bagian depan.

Penyebabnya ada beragam, mulai dari benturan pada mata hingga masalah kesehatan tertentu yang terjadi akibat infeksi, seperti herpes zoster, tuberkulosis, dan sifilis.

Peradangan yang terjadi pada bagian iris bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip. Keluhan tersebut biasanya juga akan disertai dengan gejala lain, termasuk mata menjadi sensitif terhadap cahaya, penglihatan menjadi buram, dan sakit kepala.

6. Abrasi kornea

Penyebab mata sakit saat berkedip selanjutnya adalah abrasi kornea, yaitu goresan yang terjadi pada kornea atau lapisan bening yang melindungi bagian depan mata. Kondisi ini umumnya terjadi akibat debu, kotoran, lensa kontak, atau goresan kuku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: