Mata Anda Sakit Saat Anda Mengedipkan Mata, Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Cara Mengatasinya

Mata Anda Sakit Saat Anda Mengedipkan Mata, Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Cara Mengatasinya

Mata Anda Sakit Saat Anda Mengedipkan Mata, Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Cara Mengatasinya-Foto : Ist-

Tak hanya membuat mata sakit saat berkedip, goresan pada kornea juga bisa menyebabkan mata menjadi kemerahan, terasa seperti ada pasir, dan sensitif terhadap cahaya, serta membuat penglihatan menjadi buram.

7. Ulkus kornea

Penyebab mata sakit saat berkedip lainnya yang perlu diwaspadai adalah ulkus kornea. Kondisi ini ditandai dengan luka terbuka pada kornea yang sering kali terjadi karena infeksi virus atau infeksi bakteri.

Namun, beberapa kondisi tertentu, seperti kelopak mata terlipat ke dalam dan penyakit autoimun, juga bisa menyebabkan ulkus kornea.

Bila mengalami ulkus kornea, Anda akan merasakan mata sakit ketika berkedip, mata merah, gatal, dan berair, serta munculnya bintik putih di kornea.

Cara Mengatasi Mata Sakit Saat Berkedip

Ada beragam cara untuk mengatasi keluhan mata sakit saat berkedip, mulai dari cara rumahan hingga medis. Bila rasa sakit yang muncul masih bersifat ringan, melakukan kompres hangat pada mata bisa menjadi penanganan awal untuk membantu meredakan keluhan tersebut.

Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung antibiotik atau antivirus untuk mengatasi keluhan mata sakit saat berkedip yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan infeksi virus.

Selain itu, obat tetes mata dengan kandungan tertentu, seperti diclofenac atau ketorolac, juga bisa digunakan. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk mengurangi nyeri dan peradangan di mata. Meski begitu, Anda membutuhkan resep dokter untuk bisa mendapatkannya.

Di sisi lain, jika keluhan mata sakit saat berkedip dirasakan cukup parah atau disertai dengan mual, mata bengkak, maupun penurunan kemampuan melihat, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: