Bupati Imron: Indeks Pelayanan Publik di Kabupaten Cirebon Meningkat
Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg bersama Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi saat memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Cirebon, Rabu 17 Januari 2023.-Diskominfo Kabupaten Cirebon-
CIREBON, RADARCIREBON.COM - Nilai indeks pelayanan publik di Kabupaten Cirebon pada tahun 2023, mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg saat memimpin apel Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Cirebon, Rabu 17 Januari 2023.
Imron mengatakan, bahwa berdasarkan hasil evaluasi dan pemantauan yang dilakukan oleh Kemenpan RB, indeks pelayanan publik di Kabupaten Cirebon meningkat.
BACA JUGA:Jelang Debat Pilpres Keempat, KPU Umumkan Nama-nama Panelis, Moderator dan Lokasi
BACA JUGA:Target Kemenangan Ganjar-Mahfud di Kota Cirebon 55 Persen
Pada tahun 2022, Indeks Pelayanan Publik di Kabupaten Cirebon mendapatkan nilai 3,675. Sedangkan saat ini, Indeks Pelayanan Publik di Kabupaten Cirebon mendapatkan nilai 3,82.
Peningkatan juga terjadi pada Nilai Kepatuhan Penyelenggaraan Publik di Kabupaten Cirebon, berdasarkan penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia.
Jika pada tahun 2022 lalu, nilai kepatuhan pelayanan publik di Kabupaten Cirebon mendapatkan nilai 71,43, pada tahun 2023 meningkat menjadi 82,24.
"Kabupaten Cirebon masuk dalam kategori, tingkat kepatuhan tinggi dan masuk zona hijau," kata Imron.
BACA JUGA:Forkompinda Kota Cirebon Gelar Rakor Jelang Pemilu 2024
BACA JUGA:Mei 2024 Dibuka, Berikut Tata Cara dan Link Pendaftaran CASN
Imron menuturkan, bahwa Kemenpan RB dan Ombudsman RI, melaksanakan penilaian kinerja pelayanan publik kepada unit lokus yang telah ditentukan, serta aspek dan indikator yang telah ditetapkan.
Pada tahun 2023, terdapat 3 (tiga) unit lokus evaluasi yang dilaksanakan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik oleh Kemenpan RB, yaitu kecamatan sumber terkait pelayanan administrasi, RSUD waled terkait pelayanan jasa, serta dinas sosial terkait pelayanan barang.
"Pada kategori tersebut, RSUD Waled mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai 4,38," kata Imron.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: reportase