Calon Pelatih Pengganti STY di Timnas Indonesia, Ada Keturunan Maluku

Calon Pelatih Pengganti STY di Timnas Indonesia, Ada Keturunan Maluku

Hansi Flick, Giovanni van Bronckhorst, dan Jose Mourinho dianggap pantas menjadi pengganti STY di Timnas Indonesia.-Tangkapan Layar Video-Youtube

RADARCIREBON.COM - Pelatih dengan label dunia, dirumorkan bakal menjadi pengganti Shin Tae-yong (STY) di Timnas Indonesia.

STY sendiri bersama Skuad Garuda, masih memiliki kontrak hingga Juni 2024 mendatang.

Dari pengakuan STY kepada media Korea, sudah ada negara lain di luar Asia Tenggara yang mengajaknya untuk bekerjasama.

Namun begitu, pelatih berusia 53 tahun itu, tetap setia kepada Skuad Merah Putih, sekaligus menghormati kontrak yang sudah disepakati.

BACA JUGA:Pemain Premier League Tertarik Bela Timnas Indonesia, Siapa Lagi?

Disamping itu, STY sendiri memiliki target meloloskan Timnas Indonesia U23 ke babak 8 besar Piala Asia U23 di Qatar.

Jadwal Timnas Indonesia lainnya bersama STY, adalah melakoni babak kualifikasi piala dunia 2026 menghadapi Vietnam pada bulan Maret 2024 mendatang.

Hal tersebut sesuai dengan syarat dari PSSI yang harus dipenuhi pelatih asal Korea Selatan tersebut, sebagai bentuk profesionalisme.

"Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Kesepakatan saya dan STY yang kontraknya habis hingga Juni, ada dua parameter, yakni timnas senior lolos 16 besar Piala Asia yang kemarin dan 8 besar Piala Asia U23. Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan untuk 2027," ujar Erick dikutip dari laman PSSI.

BACA JUGA:5 Bahaya Nya Apabila Anda Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi

Erick menyatakan, meski sejauh ini puas atas kinerja STY, pihaknya harus memasang target prestasi di level Asia terhadap pelatih yang sudah menangani Indonesia sejak 2019 itu.

"Oleh karenanya di Piala Asia U23, Indonesia harus bisa berbicara banyak. Apalagi banyak pemain U23 kita masuk dalam skuad timnas senior kemarin dan beberapa pemain sering jadi starting eleven. Itu modal yang sangat besar bagi STY untuk membuat kejutan," tambah Erick.

Jika nantinya tidak ada perpanjangan kontrak, maka PSSI sudah membidik sejumlah pelatih kelas dunia untuk membesut Timnas Indonesia mendatang.

Mengutip akun Garuda Space, berikut ini sejumlah pelatih kelas dunia yang dirumorkan pantas gantikan Shin Tae-yong di Timnas Merah Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: