Semarak Gebyar PAUD Se-Kecamatan Pekalipan

Semarak Gebyar PAUD Se-Kecamatan Pekalipan

Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se Kecamatan Pekalipan terlihat meriah. Acara digelar Pengurus Cabang (PC) Himpunan PAUD Indonesia (HIMPAUDI) Kecamatan Pekalipan, Rabu (7/2) di PGC kota Cirebon -Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se Kecamatan Pekalipan terlihat meriah. Acara digelar Pengurus Cabang (PC) Himpunan PAUD Indonesia (HIMPAUDI) Kecamatan Pekalipan, Rabu (7/2) di PGC kota Cirebon ini dihadiri Bunda PAUD Kecamatan Pekalipan, Ketua Pokja PAUD Kota Cirebon, Bunda PAUD 4 Kelurahan di Kecamatan Pekalipan, Kabid PNF dan Kesetaraan Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Para Kasi Dinas pendidikan Kota Cirebon Kota Cirebon.

Kemudian hadir juga Penilik PAUD Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon, Ketua PD HIMPAUDI Kota Cirebon beserta jajaran, Para Ketua  dan pengurus PC HIMPAUDI sekota Cirebon, Ketua Pokja PAUD Kelurahan.
Segenap kepala sekolah dan guru Paud Kecamatan Pekalipan  Kota Cirebon.  

Ketua PC HIMPAUDI Kecamatan Pekalipan, Nur Akhadah SPdI menjelaskan, Gebyar PAUD ini adalah salah satu upaya memperkenalkan lembaga lembaga PAUD Kecamatan pekalipan kepada masyarakat. Bahwa lembaga PAUD di Kecamatan pekalipan ini ada dan aktif dalam melakukan kegiatan.

Selain itu, sebagai upaya atau kesiapan mulai menyambut peserta didik baru di lembaganya untuk tahun ajaran 2024-2025. Lebih jauh dirinya menjelaslan, PAUD di Kecamtan pekalipan ini terdiri dari 12 lembaga PAUD Non Formal. Yaitu terdiri dari 9 Kelompok Bermain (KB) dan 2 Satuan PAUD Sejenis (SPS).

BACA JUGA:Makna Suranenggala dari Sudut Pandang Islam, Senjata adalah Doa

BACA JUGA:Tanggapi Aduan Masyarakat, Anggota DPR-RI Kunjungi Pabrik Sepatu di Kabupaten Cirebon

"Acara gebyar PAUD ini di isi dengan kegiatan Pentas Kreatifitas anak dan Lomba lomba yaitu menghias Layang Layang dan adu ketangkasan, Jumlah peserta 150 anak dan 150 orang tua," bebernya. Dirinya bersyukur semua peserta lomba bersemangat dan antusias mengikuti acara Gebyar PAUD tingkat Kecamatan Pekalipan.

Bunda PAUD Kecamatan Pekalipan ibu Yuri Riski Tri Amalia, SIP menyampaikan rasa bangga kepada PC HIMPAUDI  Kecamatan Pekalipan karena telah menyelenggarakan kegiatan Gebyar PAUD tingkat Kecamatan. Sebagai upaya untuk memberikan kebahagiaan kepada Anak Usia Dini,  karena anak usia dini harus selalu ceria dan bahagia, tentunya dengan memberikan kegiatan kegiatan semacam ini.

"Gebyar PAUD Kecamatan pekalipan kegiatan pertama di tingkat kecamatan, apalagi kegiatan ini adalah kegiatan non anggaran," kata Yuri. Saya sangat mengapresiasi apalagi pesertanya sebanyak ini, dan berharap PC HIMPAUDI Kecamatan Pekalipan selalu bersinergi dengan Pokja PAUD dan Bunda PAUD  baik Kecamatan maupun Kelurahan di lingkungan Kecamatan Pekalipan.

Kabid Pendidikn Non Formal (PNF) dan kesetaraan Disdik,  Ida Kurniasih S.Si menjelaskan, ada 6 pondasi yang harus di terapkan kepada anak Usia Dini.  Enam fondasi tersebut, kata Ida,  yakni mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, dan pemaknaan belajar yang menyenangkan dan positif.

BACA JUGA:Sebutan Bau Badan, Bikin OB Koperasi di Cirebon Gelap Mata

BACA JUGA:Mantan Kades Jatiwangi Korupsi Dana Desa untuk Foya-foya

"Jadi dengan gebyar Kecamatan Pekalipan ini, adalah langkah menuju 6 pondasi tersebut dan juga kesiapan lembaga dalam menyiapkan masa transisi PAUD ke SD dengan bangga memberi apresiasi kepada PC HIMPAUDI yang berinisiatif melaksanakan kegiatan ini," kata Ida. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: