Hati-hati! Satu Keluarga Keracunan Usai Makan Jamur, Kejadian Sama Pernah Terjadi di Kuningan

Hati-hati! Satu Keluarga Keracunan Usai Makan Jamur, Kejadian Sama Pernah Terjadi di Kuningan

Satu keluarga di Sukabumi mengalami gejala keracunan usai makan jamur. Foto:-radarsukabumi.com-

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi itu mengapresiasi respons cepat warga beserta RT dan RW setempat yang membantu para korban dan segera dibawa ke rumah sakit.

Keracunan Jamur di Kuningan

Keracunan jamur juga pernah dialami oleh 10 warga Kabupaten Kuningan pada November 2023 lalu. Ketika itu, 1 dari 10 korban sampai kehilangan nyawa akibat keracunan jamur tersebut.

Peristiwa ini terjadi di Desa Tugumulya, Kecamatan Darma. Sejumlah warga tertarik dengan jamur yang dibawa oleh seorang penjual kelapa.

Penjual kelapa berinisial Har tidak mengetahui jenis jamur tersebut. Dia juga tidak menyadari jamur yang dibawanya ternyata mengandung racun berbahaya.

Warga yang tertarik dengan jamur tersebut kemudian meminta kepada Har dan diberikan secara cuma-cuma.

Camat Darma ketika itu, Rangga Apriatna, menjelaskan bahwa peristiwa keracunan jamur yang dialami sejumlah warganya dilaporkan pada Selasa, 21, November 2023.

Sebagian besar warga yang mengonsumsi jamur hutan tersebut mengeluhkan sakit perut hingga muntah-muntah. Bahkan, salah satu warga bernama Juma (78) meninggal dunia pasca mengonsumsi jamur misterius tersebut.

Kasus keracunan ini kemudian ditangani oleh polisi. Pihak berwajib langsung melakukan pemeriksaan dan pendalaman materi.

Polisi menerima laporan bahwa 10 warga Desa Tugumulya, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan keracunan jamur hutan.

Kemudian, Kasat Reskrim Polres Kuningan, tim Inafis dan Kapolsek Darma langsung terjun ke lokasi.

"Kami mendapat informasi peristiwa keracunan massal jamur hutan pada Selasa pagi. Ada 10 orang yang diduga keracunan, dan mengakibatkan 1 orang meninggal dunia. Saat itu, para korban langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis," kata Camat Darma, Rangga Apriatna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: