Open Bidding Kadishub, Repdem : Bupati Harus Selektif Pilih Pejabat Berkualitas

Open Bidding Kadishub, Repdem : Bupati Harus Selektif Pilih Pejabat Berkualitas

KETUA DPC REPDEM KABUPATEN CIREBON-Samsul Huda-radarcirebon

SUMBER , RADARCIREBON.COM - Open Biding eselon II di Kabupaten Cirebon cukup menarik. Pasalnya hanya satu jabatan yang dilakukan Open Biding oleh Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon. Pengisian jabatan itu pun harus benar-benar resonansi. Bukan asal comot. 

Proses seleksi calon kepala Dishub itu pun mendapat perhatian serius Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kabupaten Cirebon. “Kami meminta Bupati Cirebon untuk memilih secara obyektif dan harus pejabat yang berkualitas ketika mengisi Kadishub,” kata Ketua Repdem Kabupaten Cirebon Suhana, kepada Radar, 12 Februari 2024. 

Nana begitu akrab disapa menegaskan proses open bidding Kadishub harus di kawal ketat. Sebab, yang dipilih nanti, harus benar-benar orang yang bisa membantu bupati ke depan dalam menyelesaikan pekerjaan di bidang perhubungan.

Yang salah satunya, masuk dalam visi misi Bupati Cirebon adalah menuju jalan Kabupaten Cirebon terang. "Obyektivitas itu bisa juga dinilai dari rekam jejaknya. Artinya rekam jejak ini bukan melakukan pengawasan atau wawancara ke internal masing-masing instansi," terang Nana. 

BACA JUGA: Seminggu 3 Kali Kebanjiran, Warga Perumahan di Mundu Berencana Lakukan Demo

Tapi, kata Nana, rekam jejak ini merupakan keluaran atau karya yang telah dilakukan selama para peserta bekerja. Artinya, pejabat yang nanti akan duduk di posisi Kadishub ini, sudah melakukan apa selama ini untuk membangun Kabupaten Cirebon. 

Kalau rekam jejak hanya wawancara internal ya mana ada yang akan memberi pandangan negatif atau positif jadinya semu, karena yang di pengawasan atasan, mitra kerja setingkat dan bawahan, imbuhnya. 

Hal ini, lanjut Nana, bisa menimbulkan persepsi subjektif karena hati orang berbeda. Siapa tahu, yang disurvei ini punya rasa sentimen atau iri dengan pencapaian keberhasilan orang lain.

Lain halnya ketika rekam jejak berdasarkan hasil, upaya, ide dan gagasan yang realistis dengan ditunjukan karya nyata, itu lebih adil. Sebab, dengan karya berarti mampu mengkoordinir, mengkolaborasikan serta membangun sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan. 

BACA JUGA: Tanggapi Kematian Dante, Berikut Ini Kalimat dari Baim Wong

Sebagai partai sayap PDI Perjuangan, Repdem berharap, open biding Kadishub ini, hasilnya bisa diisi oleh pejabat yang memahami segala persoalan perhubungan, baik secara teknis dan kepemimpinan manajerial.

“Dan siap membangun perhubungan menjadi lebih baik lagi. Sehingga kepala dinas perhubungan bisa diisi oleh orang-orang yang kompeten dan bisa menyelesaikan visi misi Bupati Cirebon,” tuturnya. Artinya, Bupati Cirebon harus memilih pejabat yang mengisi posisi Kadishub ini secara obyektif dan orang yang berkualitas sesuai kemampuannya.

“Kami meminta bupati agar lebih bisa memilih Kadishub secara obyektif dan berkualitas, bukan secara subyektif hingga ke depan Kadishub benar-benar mampu menjalankan apa yang sudah tertuang dalam visi misi Bupati Cirebon,” tutupnya. (sama)

BACA JUGA: Belum Hujan, Begini Kronologi Septian Tersambar Petir Saat Bola Utama di Stadion Siliwangi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: