Tanamkan Perilaku Hidup Sehat, Bupati Cirebon Apresiasi Program UKS di SMPN 1 Sumber

Tanamkan Perilaku Hidup Sehat, Bupati Cirebon Apresiasi Program UKS di SMPN 1 Sumber

Bupati Cirebon, Drs. H Imron, M.Ag meresmikan gedung usaha kesehatan sekolah (UKS) di SMPN 1 Sumber, Selasa 20 Februari 2024. Sebelum peresmian, kegiatan diawali dengan sarapan bersama.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  Bupati Cirebon, Drs. H Imron, M.Ag meresmikan gedung usaha kesehatan sekolah (UKS) di SMPN 1 Sumber, Selasa 20 Februari 2024. Sebelum peresmian, kegiatan diawali dengan sarapan bersama.

Seperti diketahui, UKS merupakan upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan Trias UKS.

Di kesempatan peresmian gedung UKS tersebut, Bupati Cirebon mengapresiasi program UKS di SMPN 1 Sumber. Sebab kata dia, program tersebut sebagai upaya pihak sekolah untuk menerapkan perilaku hidup sehat sejak dini kepada peserta didik di sekolah ini.

"Pada hari ini kami meresmikan gedung UKS yang diadakan di SMPN 1 Sumber. Kami mengapresiasi SMPN 1 Sumber ini yang telah mengadakan peresmian dan juga makan pagi yang bergizi," ujar Bupati Imron.

BACA JUGA:Gelora Sinyalir Ada Penggembosan Suara Secara Massif, Minta KPU Hentikan Sementara Penghitungan di Tingkat PPK

Program tersebut kata dia, dapat mendidik anak-anak di SMPN 1 Sumber agar bisa hidup sehat. Sebab, dengan adanya UKS ini, sekolah juga memberikan bimbingan dan arahan, bukan hanya sekadar melayani siswa yang sakit saja.

Disamping itu, lanjut Bupati Imron, agar siswa-siswi dari kecil sudah dididik pengetahuan tentang masalah kesehatan. Supaya ketika hidup di lingkungan keluarganya bisa menerapkan pola hidup sehat.

"Ini nantinya bisa menjadi kebiasaan. Dengan kebiasaan ini nantinya akan menjadi budaya nanti kalau anak-anak kita di SMP-SMP mengadakan kegiatan ini lalu tertanam pola hidup sehat," ungkapnya.

Maka, lanjut dia, anak-anak di Kabupaten Cirebon 10 tahun yang akan datang di umur 20 atau 25 tahunan akan menjadi keluarga sehat. "Ini secara tidak langsung menangani masalah stunting. Melalui ini nanti kita akan ada pembinaan untuk menangani stunting agar tidak ada lagi kasus stunting," ungkapnya.

BACA JUGA:Jasad Perempuan Tergeletak di Trotoar Kota Cirebon, Ternyata Warga Kesenden

Ia menilai, gedung UKS ya g telah diresmikan itu, jika dilihat fasilitasnya sudah bagus, karena sudah kerja sama dengan rumah sakit dan puskesmas. Program ini, kata dia, harus menjadi percontohan.

"Nanti saya instruksikan ke Disdik agar membuat percontohan lain di sekolah wilayah tengah dan Cirebon timur," katanya.

Sebab, menurut dia, untuk mengubah pola pikir program kemanusiaan itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon tidak bisa secara langsung. "Itu karena keterbatasan kemampuan dan anggaran," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kabupaten Cirebon, H Ronianto menjelaskan, dirinya mendampingi Bupati Cirebon untuk melaksanakan kegiatan sarapan bersama dan peresmian gedung UKS SMPN 2 Sumber.

BACA JUGA:Dealer Mobil Indonesia Optimis terhadap Masa Depan VinFast di Pasar Kompetitif Kendaraan Listrik

"Ini adalah program kita Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon dalam rangka salah satunya adalah memberikan edukasi kepada anak-anak untuk bisa makan makanan sehat yakni emat sehat lima sempurna," kata Ronianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: