Polresta Cirebon Sebar Personel, Bantu Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Cirebon

Polresta Cirebon Sebar Personel, Bantu Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Cirebon

Personel Polresta Cirebon turun membantu warga yang terdampak banjir di Kabupaten Cirebon.-Polresta Cirebon-

BACA JUGA:Air Tiba-tiba Naik, Ribuan Sepeda Motor di PT Long Rich Terendam Banjir, Pabrik Diliburkan

"Selain merendam 4.172 rumah warga, banjir ini juga mengakibatkan sejumlah fasilitas sosial dan fasilitas umum terendam, bahkan jalan sepanjang 500 meter di Jalur Pantura Pangenan Cirebon juga turut terendam, tetapi dipastikan masih bisa dilalui kendaraan motor maupun mobil," kata Kombes Pol Sumarni, Rabu 6 Maret 2024.

Pihaknya telah melaksanakan kegiatan SAR terbatas bersama unsur terkait untuk mengevakuasi warga terdampak banjir ke lokasi yang lebih aman.

Selain itu, Polresta Cirebon juga membantu masyarakat membersihkan fasilitas umum dan fasilitas sosial terdampak banjir.

Kombes Pol Sumarni mengatakan, Polresta Cirebon juga menurunkan dan membantu tim medis dalam melakukan pelayanan keseharan dengan menggunakan perahu karet dam sarana lain yang dimiliki. 

BACA JUGA:Berkat Program BRInita, Kelompok PKK Rawa Barat Sukses Budidaya Hidroponik dan Ikan Nila

Bahkan, termasuk melaksanakan kegiatan kepolisian guna mencegah dan antisipasi gangguan Kamtibmas selama bencana terjadi.

"Kami juga mengerahkan personel Satlantas Polresta Cirebon untuk mengatur lalu lintas di Jalur Pantura Kecamatan Pangenan yang terendam banjir. Kegiatan kepolisian lainnya dalam rangka penanganan saat dan pasca banjir juga masih terus dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang terdampak," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, ikut terlibat Wakapolresta Cirebon, Kabag Ops Polresta Cirebon, Kasat Samapta, Kasat Pol Air, Kapolsek Waled, Kapolsek Pabuaran, Kapolsek Pabedilan, Kapolsek Pangenan, dan Kapolsek.

Menurutnya Sumarni, banjir di beberapa wilayah Kabupaten Cirebon diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM BRI: Tahun 2024 Prospek Masih Bagus, UMKM Tetap Ekspansif

Dengan begitu, beberapa sungai mengalami peningkatan debit air sehingga berdampak merendam rumah warga. 

Pihaknya memastikan, langkah penanganan banjir di Kabupaten Cirebon juga berjalan lancar.

"Berdasarkan pemantauan situasi terkini pada Rabu (6/3/2024) siang, banjir yang merendam sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon juga berangsur surut," jelas Sumarni.

Saat ini, sambungnya, ketinggian airnya menurun hingga 10 cm - 40 cm, dan personel Polresta Cirebon juga masih disiagakan untuk membantu warga terdampak banjir. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: