Napak Tilas ke Desa Tertua di Kuningan, Banyak Situs Purbakala Diperkirakan Berusia Ribuan Tahun

Napak Tilas ke Desa Tertua di Kuningan, Banyak Situs Purbakala Diperkirakan Berusia Ribuan Tahun

Pj Bupati Kuningan Dr H Raden Iip Hidajat meninjau salah satu situs purbakala di Desa Sagarahiyang, Kabupaten Kuningan. Foto:-Agus Sugiarto-Radar Kuningan

“Tentunya semua itu menunjukkan peradaban luar biasa yang ada di Kabupaten Kuningan,” katanya dilansir dari Radar Kuningan. 

Selain banyaknya situs, menurut dia, Kuningan juga menyimpan keluhuran budaya dari masa lalu.

Selain menyoroti banyaknya situs di Sagarahiyang, Pj Bupati juga menyebut situs lain yang ada di Kuningan.

BACA JUGA:Motif Pembunuhan Agen BRILink di Indramayu, Pelaku AS Dituntut Pasal Berlapis

“Seperti yang dapat kita temukan di kawasan lain seperti di Gunung Tilu, Karangkancana atau di situs purbakala Cipari,” ungkapnya. 

Menurut dia, situs purbakala dan peninggalan kebudayaan dari masa lalu harus menjadi pelajaran dan pengingat bagi masyarakat pada masa sekarang.

“Hal ini harus menjadi pengingat kita semua untuk terus menjaga kebudayaan yang teramat mahal," ungkapnya.

Ia juga menyoroti kebutuhan untuk menjaga dan merawat situs-situs tersebut, agar tetap menjadi pusat wisata edukasi dan kebudayaan bagi generasi mendatang.

"Saya ke sini melihat lebih dekat bagaimana kondisinya, saya mengontrol pemeliharaan dan penjagaannya, karena ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya yang harus dilindungi keberadaanya oleh Pemerintah,” kata Iip. 

“Sehingga ke depan tetap dapat menjadi wisata edukasi dan kebudayaan yang dapat dilihat oleh anak-anak kita, sehingga mereka dapat mengetahui sejarah yang ada di Kuningan," tambahnya lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: