Contra Flow Diuji Coba Hari Ini, Bakal Diterapkan di Tol Cipali Jelang Mudik Lebaran 2024

Contra Flow Diuji Coba Hari Ini, Bakal Diterapkan di Tol Cipali Jelang Mudik Lebaran 2024

Astra Tol Cipali bersama Polda Jabar, Polres Kabupaten Indramayu dan Polres Kabupaten Majalengka gelar uji coba rekayasa lalu lintas Contra Flow di tol Cipali, Jumat, 29 Maret 2024.-Dok-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Rekayasa lalu lintas Contra Flow, dilakukan uji coba hari ini, Jumat 29 Maret 2024.

PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) bersama Polda Jabar, Polres Kabupaten Indramayu dan Polres Kabupaten Majalengka, menggelar uji coba Contra Flow di ruas Tol Cipali.

Proses uji coba Contra Flow berlangsung di KM 153–KM 157 arah Jakarta pukul 10.14 – 10.48 WIB.

Uji coba contra flow tersebut, diungkapkan Traffic & Security Management Department Head Astra Tol Cipali, Prayogi Setyo Pratomo.

BACA JUGA:Hari Ini 2 Gempa Laut Jawa M 4,8 dan M 3,5 Terdeteksi Oleh BMKG

“Uji coba Contra Flow yang kami lakukan merupakan wujud sinergi persiapan layanan Lebaran 2024 antara Astra Tol Cipali sebagai BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) dan kepolisian setempat selaku regulator," ucap Prayogi dalam rilisnya.

Dijelaskan lebih lanjut, gelar uji coba contra flow dilakukan di wilayah KM 153 yang merupakan titik pertemuan Jalan Tol Cisumdawu dan Jalan Tol Cipali.

Dikatakan Prayogi, sebagai bagian ruas Tol Cipali yang bersinggungan dengan Tol Cisumdawu, arus lalu lintas di KM 153 – KM 157 dilalui lebih banyak kendaraan bila dibandingkan Ruas Tol Cipali bagian lain.

Lokasi tersebut akhirnya terpilih menjadi lokasi uji coba Contra Flow untuk memastikan persiapan yang dilakukan Astra Tol Cipali selaras dengan kondisi yang ada di lapangan.

BACA JUGA:SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Gelar Khotmil Quran ke 27

Untuk mempersiapkan rekayasa tersebut, sambung Prayogi, pihak Astra Tol Cipali telah mempersiapkan sarana dan prasarana.

Diantaranya 5.000 Rubber Cone, 600 buah Medium Water Barrier, serta 28 titik bukaan median atau u-turn.

"Prasarana Rubber Cone tersebar secara merata di 5 titik baik melalui arus mudik maupun arus balik," katanya.

Dirinya berharap, pemberlakuan uji coba contra flow tersebut, saat arus mudik dan arus balik lebaran kali ini di ruas Tol Cipali dapat berjalan dengan lancar sehingga pengguna jalan dapat selalu nyaman dalam berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: