Klub Liga Eropa Senasib Persija Jakarta, Terkena Hukuman FIFA

Klub Liga Eropa Senasib Persija Jakarta, Terkena Hukuman FIFA

Persija Jakarta mendapat hukuman dari FIFA. Klub dari beberapa Liga top Eropa pernah mengalami hal serupa.-Dok-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Sebanyak 5 klub Liga Indonesia terkena hukuman FIFA. Mereka tidak bisa mendaftarkan pemain baru dalam 2 hingga 3 kali bursa transfer pemain.

Kelima klub tersebut diantaranya Persija Jakarta, Persiwa Wamena, Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, dan Sada Sumut FC.

Kelima klub dari Liga Indonesia itu, tercantum dalam daftar klub yang pernah tersandung kasus larangan pendaftaran pemain atau registration bans.

Bersama tim lain dari seluruh dunia, kelimanya dianggap telah melakukan pelanggaran sehingga mendapat hukuman atau banned dari FIFA terhitung tahun ini.

BACA JUGA:Beckham Putra Sangat Kecewa Terhalang Cedera, Begini Kondisinya Sekarang

Selain kepada klub dari Indonesia, hukuman registration ban pernah diberikan kepada klub lain dari berbagai liga top Eropa.

Dikutip dari beberapa sumber, klub peserta La Liga dan Premier League pernah mendapat hukuman serupa seperti yang dialami Persija Jakarta.

Klub tenar seperti Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Chelsea pernah tersandung kasus larangan pendaftaran pemain atau registration bans.

Hukuman Registration bans, merupakan sanksi yang membuat klub tidak bisa mendaftarkan pemain baru setelah melakukan perekrutan. 

BACA JUGA:FIFA Hukum Klub Liga Indonesia, Berikut Ini Dugaan Pelanggaran

Klub yang terkena sanksi itu tetap bisa mendatangkan pemain anyar, namun karena tidak bisa didaftarkan ke asosiasi nasional maka pemain yang bersangkutan tidak bisa dimainkan.

Registration ban biasanya berlaku selama dua atau tiga kali bursa transfer setelah klub melanggar peraturan transfer atau memiliki utang transfer terhadap klub lain.

Sanksi tersebut pernah diberikan kepada Al Nassr. Klub yang kini dibela Cristiano Ronaldo itu, sempat bermasalah dengan salah satu klub Liga Inggris.

Al Nassr mendapat sanksi dari FIFA usai terlibat dalam sengketa transfer mantan pemain mereka, Ahmed Musa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: