Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah pada Rabu 10 April 2024

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah pada Rabu 10 April 2024

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haidar Nashir.-muhammadiyah.or.id-

YOGYAKARTA, RADARCIREBON.COM - Walau Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Saiful Rahmat Dasuki memprediksi Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Tapi, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah sudah mengumumkan dan menetapkan bahwa Idul Fitri 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir pada Sabtu 6 April 2024 dihadapan sejumlah awak media di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta.

BACA JUGA:Tim Polwan Polresta Cirebon Lakukan Ini Kepada Pengendara yang Berhenti di Bahu Jalan Tol

BACA JUGA:Situasi Terkini Arus Mudik di Kota Cirebon, Wakapolres Ciko: Terjadi Peningkatan Volume Kendaraan

BACA JUGA:H-4 Malam Ini Arus Lalin di Pantura Kota Cirebon Dipadati Pemudik, Diperkirakan Akan Bertambah Hingga Besok

Haedar Nashir ingin umat Islam dan masyarakat pada umumnya tidak perlu bingung dengan penetapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, jika nanti pelaksanaannya sama. Tapi, awal Ramadan 1445 H kemarin berbeda.

“Kami harapkan masyarakat tidak perlu bingung, Ramadannya beda tapi Idul Fitri fitrinya sama, karena ada perbedaan cara penetapan,” ucapnya.

Sebelumnya, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah telah mengumumkan hasil hisab awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H. 

BACA JUGA:Kakorlantas Polri: Diprediksi Malam Ini Puncak Arus Mudik 2024

BACA JUGA:Maksimalkan Penggunaan Kendaraan Umum, Kapolres Ciko Lepas Program Mudik Gratis 2024

BACA JUGA:Alhamdulillah, Kemenag Siap Carikan Insentif untuk Guru PAI Non-ASN, Cek Rekening Ya!

Melansir dari laman utama Muhammadiyah, Minggu 7 April 2024, penentuan tersebut dilakukan dengan menggunakan kriteria wujudul hilal, sebuah metode yang mengharuskan pemenuhan tiga syarat secara kumulatif.

Menurut kriteria tersebut, bulan Qomariyah baru dimulai pada hari ke-29 saat matahari terbenam, asalkan telah terjadi ijtimak sebelum matahari terbenam dan pada saat matahari terbenam, bulan masih terlihat di atas ufuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase