Cara Membuat Septic Tank Aman dan Bebas Gas Beracun

Cara Membuat Septic Tank Aman dan Bebas Gas Beracun

Cara membuat septic tank aman dari gas beracun.-disway.id-

Lalu permukaan lubang pemeriksa harus ditempatkan 10 cm di atas permukaan tanah agar terlindung dari air hujan.

Pengurasan septic tank konvensional harus dilakukan minimal 2 tahun sekali dan maksimal 5 tahun sekali, hal tersebut untuk meminimalisir limbah mencemari lingkungan sekitar.

Jarak minimal septic tank konvensional dengan sumber air bersih adalah 10 meter, bangunan 1,5 meter, dan sumur resapan air hujan 5 meter.

Selanjutnya minimal jarak upflow filter septic tank dengan sumur air bersih, bangunan, dan sumur resapan masing-masing 1,5 meter.

Berikut ini adalah beberapa kriteria membuat septic tank konvensional yang aman menurut akun Twitter National Affordable Housing Program (NAHP) Kementerian PUPR.

  • Memperhatikan posisi septic tank. Pastikan posisi septic tank konvensional lebih rendah dibandingkan kloset agar kotoran lebih mudah masuk untuk lanjut ke penguraian.
  • Limbah yang terurai akan menghasilkan gas metana (CH 4). Jenis gas ini sangat mudah terbakar, karena itu tugas Anda adalah memberi jalur untuk ventilasi udara agar terjadi pertukaran udara yang baik
  • Ketika membangun septic tank pastikan semua dinding dan alas mempunyai ketebalan 10 cm serta tidak rembes ataupun bocor. Hal ini bertujuan agar tidak ada pencemaran lingkungan terutama air tanah karena limbah toilet yang rembes dari septic tank

Itulah beberapa poin membangun atau membuat septic tank konvensional sesuai SNI dan kriteria membangun septic tank konvensional yang aman. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: