Pemdes Belawa Siapkan Lahan 8 Hektare untuk Kembangkan Objek Wisata Cikuya

Pemdes Belawa Siapkan Lahan 8 Hektare untuk Kembangkan Objek Wisata Cikuya

DIKEMBANGKAN: Pemdes Belawa Kecamatan Lemahabang akan mengembangkan objek wisata Cikuya dengan menambah lahan, kemarin.-Deni Hamdani-radarcirebon.com

CIREBON,RADARCIREBON.COM - Pemdes Belawa Kecamatan Lemahabang berencana melakukan pengembangan dan perluasan Objek Wisata Cikuya Belawa.

Pasalnya, selama ini lokasi wisata Cikuya Belawa sangat menoton karena hanya mengandalkan alam dan kura-kura. Demikian dikatakan Kuwu Desa Belawa Deni Kusuma kepada Radar Cirebon, kemarin.

Menurutnya, Objek Wisata Cikuya Belawa merupakan wisata yang sangat langka karena keberadaan kura-kura, sehingga perlu dilestarikan. Lebih lanjut, dikatakan Deni, objek wisata observasi dan edukasi Cikuya sebenarnya salah satu obyek wisata langka dan hanya ada satu di Indonesia. Akan tetapi, keberadaannya tak mampu berkembang pesat seperti objek wisata lainnya.

“Kesan monoton di dalam lokasi objek wisata tersebut menjadi salah satu sebab wisatawan tidak begitu antusias berkunjung,” katanya.

BACA JUGA:H Acep Purnama Bakal Diterbangkan ke Jakarta, Ibu Ika Menyusul Lewat Darat

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pihaknya akan melakukan pengembangan kawasan wisata Cikuya Belawa. “Kita akan melakukan pengembangan di dalam areal lokasi objek wisata maupun di luar kawasan wisata. Nantinya pengembangan tersebut akan terintegrasi dengan kawasan yang saat ini sudah ada,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya sudah mulai melakukan pengembangan dengan membuat berbagai wahana dan fasilitas lainnya.
“Pengembangan di awal sudah dilaksanakan diantaranya wahana lalu lintas, pengadaan loket sebagai akses jalan masuk ke lokasi wisata, pembuatan kolam penangkaran kura-kura dan pembikinan toilet,” bebernya.

Untuk pengembangan kelanjutannya, pihaknya akan membangun panggung pentas seni, lapangan parkir, ruang terbuka hijau (RTH), wisata kuliner dan kios-kios untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kita akan merencanakan pembangunan grand house dan agro wisata, serta melakukan penanaman pohon berbagai jenis di kawasan wisata, hal ini untuk menunjang agro wisata,” katanya.

BACA JUGA:Ditetapkan Jadi Pemenang Pilpres 2024, Pedagang Pigura Belum Jual Foto Bergambar Prabowo-Gibran

Untuk menunjang pengembangan wisata Cikuya Belawa dengan luas lahan sekitar 8 hektare pihaknya bekerjasama dengan Dinas  Pariwisata Kabupaten Cirebon agar mendapatkan bantuan pemerintah.

“Kalau untuk jumlah anggaran bantuan sementara kita pakai pengajuan Rp2,5 miliar, sementara untuk pengembangan Kawasan Wisata Belawa, Insya Allah di tahun 2025 mendatang,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: