Ditetapkan Jadi Pemenang Pilpres 2024, Pedagang Pigura Belum Jual Foto Bergambar Prabowo-Gibran

Ditetapkan Jadi Pemenang Pilpres 2024, Pedagang Pigura Belum Jual Foto Bergambar Prabowo-Gibran

Pigura Belum Jual Foto Bergambar Prabowo-Gibran-Khairul Anuanwar-radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM   - KPU telah menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden terpilih dalam Pemilihan Presiden 2024. Penetapan secara resmi dilalukan dalam rapat pleno yang digelar pada Rabu 24 April 2024 lalu di Jakarta. 

Penetapan tersebut membawa berkah tersendiri bagi pengrajin dan pedagang pigura. Saat ini sudah banyak pigura dan foto Prabowo dan Gibran yang diperjualbelikan, baik secara offline maupun online.

Kendati demikian, hingga Rabu (24/4/2024) kemarin, belum terlihat pedagang yang menjajakan pigura bergambar mereka di Cirebon. Berdasarkan pantauan Radar Cirebon di Jalan Pagongan Selatan yang menjadi pusat penjualan pigura di Kota Cirebon, belum ada satupun pedagang yang mulai menjual pigura bergambar Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tahun 2024-2029 tersebut. 

Salah satu pedagang, Iwan mengaku belum menjual foto Prabowo-Gibran meski mereka sudah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh KPU. Pigura yang ia juga masih pigura bergambar Presiden dan Wakil Presiden Indonesia saat ini, yakni Joko Widodo dan Maruf Amin. 

BACA JUGA: Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Kertajati Dijadwalkan Bertolak ke Tanah Suci 12 Mei 2024

"Masih belum ada. Karena memang baru mengincar pemenang. Biasanya mulai banyak dicari ketika sudah dilantik," kata Iwan kepada Radar Cirebon. 

Selain itu, ia juga mengaku tak berani menjual foto Prabowo-Gibran, meski sudah banyak di pasaran. Sebab, ia hanya menjual foto Presiden-Wakil Presiden resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. 

"Kita biasanya mengambil fotonya dari percetakan dan memang harus yang resmi dari pemerintah, " Ungkapnya. 

Pedagang lainnya, Deden mengaku untuk penjualan pigura presiden dan wakil presiden saat ini, sedang sepi. Sudah sangat jarang ada orang yang membeli pigura bergambar Jokowi dan Maruf Amin. Kondisi serupa juga terjadi pada pigura bergambar kepala daerah Kota dan Kabupaten Cirebon. 

BACA JUGA: Kalahkan Vietnam, Irak Jadi Lawan Jepang di Semifinal Piala Asia U-23 Qatar 2024

"Kalau sekarang sedang sepi. Mungkin ramai lagi saat mereka sudah dilantik," jelasnya. 

Sementara itu, secara umum, kata Deden penjualan pigura memang tidak seramai dulu. Hanya saja, saat akhir pekan, penjualan mengalami peningkatan. 

“Biasanya pembelinya banyak dari luar kota, seperti Bandung dan Jakarta. Masih banyak yang suka memborong lukisan atau kaligrafi,” Pungkasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: