Kemenag Tetapkan 114 Lokasi Pantau Hilal Awal Zulhijjah 1445 H, Salahsatunya Gereja di Ambon

Kemenag Tetapkan 114 Lokasi Pantau Hilal Awal Zulhijjah 1445 H, Salahsatunya Gereja di Ambon

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI, Adib-kemenag.go.id-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM Kementerian Agama (Kemenag) dalam waktu dekat akan menggelar sidang isbat awal Zulhijjah 1445 H.

Rencananya, sidang isbat awal Zulhijjah 1445 H akan berlangsung pada 7 Juni 2024. 

Sidang Isbat akan diawali dengan pemantauan hilal (rukyatulhilal) yang juga digelar pada hari yang sama, 29 Zulkaidah 1445 H. 

Pemantauan hilal akan dilakukan di 114 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di Gereja Imanuel, Kecamatan, Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

BACA JUGA:Alasan Jadwal Pilkada Serentak, Pileg dan Pilpres Dilaksanakan Pada Tahun yang Sama

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib mengatakan, semua sistem hisab sepakat bahwa ijtimak menjelang Zulhijah 1445 H jatuh pada 6 Juni 2024 M, bertepatan 29 Zulkaidah 1445 H sekitar pukul 19:37 WIB.

"Pelaksanaan pemantauan hilal dilakukan di 114 titik lokasi di seluruh Indonesia," ujar Adib, Senin 3 Juni 2024.

Dijelaskan, saat hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk berkisar antara 7˚ 15.82 ̍ (tujuh derajat lima belas koma delapan puluh dua menit) sampai dengan 10˚ 41.09 ̍ (sepuluh derajat empat puluh satu koma sembilan menit) dan sudut elongasi 11˚ 34.83 ̍ (sebelas derajat tiga puluh empat koma delapan puluh tiga menit) hingga 13˚ 14.47 ̍(tiga belas derajat empat belas koma empat puluh tujuh menit).

Kemudian, hasil pemantauan hilal akan dimusyawarahkan dalam Sidang Isbat awal Zulhijah 1445 H. 

Sidang Isbat, imbuhnya, merupakan wujud sinergi antara Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam pengambilan keputusan.

BACA JUGA:Dittipideksus Bareskrim Polri Segera Limpahkan Berkas Kasus TPPU Panji Gumilang ke Kejagung

"Sidang Isbat merupakan wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," ungkap Adib.

Sidang Isbat awal Zulhijah 1445 H akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Thamrin, Jakarta, dan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, Sidang Isbat juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Tim Hisab Rukyat, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta Pondok Pesantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: