Inilah Reaksi Polda Jabar Atas Gugatan Praperadilan Status Tersangka PS di Kasus Pembunuhan Vina

Inilah Reaksi Polda Jabar Atas Gugatan Praperadilan Status Tersangka PS di Kasus Pembunuhan Vina

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abraham Abast, dalam konferesi pers, Rabu 12 Juni 2024.-@humaspoldajabar-Instagram

Menurut Muchtar, penetapan status tersangka PS sejak awal tidak mempunyai dasar yang jelas. Salah satu contihnya, saat konferensi pers pertama kali penetapan tersangka Pegi Setiawan tidak didapatkan bukti yang kuat.

“Kami lihat di konferensi pers pertama tidak ada bukti yang mengarah kepada tindak pidana yang dilakukan klien kami,” ungkap dia.

Kemudian, sejak kasus ini mencuat pada 2016 silam, PS  tidak pernah dipanggil atau diperiksa polisi dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky. 

BACA JUGA:AHM Luncurkan Rebel 1100 Bagi Pecinta Big Bike Cruiser

BACA JUGA:7 Tuntutan Mahasiswa saat Demo di Depan Mapolres Cirebon Kota, Selengkapnya Ada di Sini

Padahal, tidak diperbolehkan penetapan tersangka kepada seseorang tanpa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Oleh karena itu, pihaknya mengajukan gugatan praperadilan.

"Sejak 2016 klien tidak pernah dipanggil polisi dan diperiksa sehingga sangat layak dan pantas mengajukan praperadilan,” ujarnya.

Muchtar menyebut jadwal persidangan masih menunggu penetapan pengadilan dan akan keluar di sistem informasi penelusuran perkara (SIPP).

BACA JUGA:Mahasiswa Saling Dorong dengan Polisi, Ingin Bertemu Kapolres Cirebon Kota

BACA JUGA:Demo Mahasiswa di Depan Mapolres Cirebon Kota, Tuntut Reformasi Polri dan Kasus Vina Dituntaskan

Terkait dengan rencana Polda Jawa Barat mempercepat pemberkasan perkara, Muchtar menyebut itu merupakan kewenangan penyidik dan wajar dilakukan.

Namun, kliennya yang sudah habis masa penahanan dan diperpanjang. Dengan begitu, ia mempertanyakan sejauh mana Polda Jabar melengkapi berkas.

"Kami mengimbau polda kalau bukti tidak kuat ke klien kami ikuti penangguhan kami. Klien kami memiliki hak untuk penangguhan penahanan,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase