Indonesia Harus Terhindar dari Grup B, Thailand dan Vietnam Pernah Jadi Bulan-Bulanan

Indonesia Harus Terhindar dari Grup B, Thailand dan Vietnam Pernah Jadi Bulan-Bulanan

Timnas Indonesia harus menghadapi kekuatan Asia lainnya yang merupakan langganan Piala Dunia.-JPNN.com-

RADARCIREBON.COM - Indonesia harus terhindar dari Grup B dalam drawing nanti. Hal tersebut berkaca kepada wakil ASEAN lainnya yang bernasib sial di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Usai mengalahkan Filipina 2-0 di partai terakhir, Indonesia menemani Irak lolos ke putaran ketiga sebagai perwakilan dari Grup F.

Timnas Indonesia menjadi wakil satu-satunya dari ASEAN yang lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bersama 17 tim lainnya, Skuad Garuda bakal bersaing untuk memperebutkan 6 tiket otomatis lolos ke Piala Dunia 2026 yang bakal berlangsung di Amerika, Kanada, dan Meksiko.

BACA JUGA:Harus Diakui, Tiap Kali 3 Pemain Ini Turun, Pertahanan Indonesia Aman

Langkah tim asuhan Shin Tae Yong (STY) ini, diyakini tidak mudah. Di putaran ketiga, bercokol tim-tim kuat yang merupakan langganan Piala Dunia.

Sebut saja Jepang, Korea Selatan, Irak, Iran, Australia dan Arab Saudi. Mereka merupakan sebagian dari tim-tim yang sering lolos ke babak final.

Kejamnya persaingan di putaran ketiga, pernah dirasakan wakil Asia Tenggara lainnya Thailand (2018) dan Vietnam (2022).

Keduanya tidak berdaya. Menjadi bulan-bulanan oleh raksasa Asia lainnya dalam perebutan tiket ke Piala Dunia.

BACA JUGA:Jadwal Timnas Indonesia 2024, PSSI dan Operator Liga 1 Samakan Persepsi

Pada kualifikasi tahun 2018, Thailand di putaran ketiga tergabung di grup B bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, UEA, dan Irak.

Dalam penyisihan tersebut, Gajah Perang tidak berdaya. Hanya mampu meraih seri dua kali dan sisanya kalah dalam 10 kali pertandingan.

Parahnya lagi, Thailand yang memiliki pemain dengan kekuatan fisik dan kecepatan itu, dibobol 24 kali dan hanya mampu memasukan bola ke jaring lawan sebanyak 6 gol.

Pada akhirnya, Thailand menghuni dasar klasemen dan gagal untuk meneruskan langkahnya di Piala Dunia 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: