Digeledah Jaksa, Ada Kasus Apa di Perumda Bank Cirebon?

Digeledah Jaksa, Ada Kasus Apa di Perumda Bank Cirebon?

Tim penyidik Kejari Kota Cirebon melakukan penggeledahan di Kantor Perumda Bank Cirebon, Senin 24 Juni 2024. Foto:-Istimewa -Radarcirebon.com

Dokumen-dokumen yang disita tersebut diangkut menggunakan dua koper dan tiga dus. 

Disebutkan bahwa, berbagai dokumen yang disita antara lain adalah rekening tabungan, berita acara perhitungan selisih saldo, serta SOP perusahaan.

Sementara itu, tampak pada saat proses penggeledahan, sejumlah petugas mengenakan rompi Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi. 

BACA JUGA:Imron Datangi Partai Golkar, Teguh: Kita Miliki Banyak Kesamaan dan Punya Catatan Sejarah

Sementara itu, lokasi penggeledahan yaitu beberapa ruangan di lantai 2 dan lantai 3 kantor tersebut. 

Ruang petinggi Perumda Bank Cirebon juga tidak terkecuali. Selain pihak dari kejaksaan, penggeledahan itu pun didampingi oleh petugas dari TNI dan Polri serta perwakilan dari kelurahan. 

Pada saat yang sama, operasional bank berjalan seperti biasa. Terlihat banyak nasabah yang sedang menunggu pelayanan. 

Sebelum melakukan penggeledahan, seorang petugas memberikan penjelasan terkait kedatangan mereka serta maksud dan tujuannya.

Petugas itu juga memastikan, bahwa proses penggeledahan sudah sesuai dengan penetapan pengadilan dan surat perintah.

“Kesimpulan kami melakukan penggeledahan ini yaitu adanya pendapat-pendapat dari tim penyidik, bahwa setelah dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan, dalam pemeriksaan itu bahwa dokumen-dokumen yang kami anggap untuk dikumpulkan ternyata masih ada kekurangan dukomen-dokumen tersebut. Sehingga kami berkesimpulan bahwa untuk dilakukan penggeledahan ini," demikian dikatakan petugas tersebut kepada direksi Perumda Bank Cirebon.

Surat perintah penggeledahan ditunjukkan. Kemudian salah seorang petugas lain juga menyampaikan tentang dokumen apa saja yang dicari. 

Antara lain adalah buku tabungan asli nasabah pasar sebanyak 101 rekening.

“Asli terkait register pembuatan baru tabungan pasar 101 nasabah, asli buku tabungan anak sekolah sebanyak 206 nasabah. Keempat, buku asli deposito sebanyak 1 nasabah. Berita acara perhitungan selisih saldo. Terakhir, SOP dan peraturan perusahaan yang berlaku sejak tahun 2010. Yang kemarin kita dapatkan masih (tahun) 2014 ke atas. Kami minta yang berlaku sejak tahun 2010. Baik itu SOP maupun peraturan perusahaan," beber petugas itu.

Sejurus kemudian penggeledahan dilakukan di setiap lantai dan ruangan direksi Perumda Bank Cirebon. 

Dari penggeledahan, tampak bertumpuk-tumpuk dokumen disita dan dibawa menggunakan beberapa kardus air mineral gelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: