Asah Kreativitas Siswa, Mahasiswa IPB Cirebon Beri Pelatihan Tari Tradisional

Asah Kreativitas Siswa, Mahasiswa IPB Cirebon Beri Pelatihan Tari Tradisional

Asah Kreativitas Siswa, Mahasiswa IPB Cirebon Beri Pelatihan Tari Tradisional-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon terus konsisten dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Salah satunya di SDN 1 Sidawangi Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, dengan memberikan pelatihan tari tradisional kepada para siswa.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh mahasiswa IPB Cirebon, Julia Azzahra selama beberapa pekan. Julia melatih para siswa kesenian lengser yang merupakan kesenian khas dari Sunda.

Kaprodi PGSD IPB Cirebon, Ratri Nuryani Qudwatullathifah MPd mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tari itu merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi. SDN 1 Sidawangi sendiri merupakan salah satu mitra Prodi PGSD IPB Cirebon yang telah melaksanakan kerja sama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar di wilayah Cirebon.

"Jadi selain untuk mengasah kreativitas para siswa, kegiatan ini juga untuk mengenalkan budaya tradisional kepada para siswa," ungkapnya.

BACA JUGA:Tuan Rumah Jerman Tersingkir, Spanyol Melaju ke Semifinal Euro 2024

Ratri mengungkapkan bahwa, kegiatan pelatihan tari tradisional itu mendapat sambutan yang positif dari para siswa, guru dan orang tua murid. Terlebih, hasil dari pelatihan itu juga ditampilkan dalam kegiatan pelepasan siswa kelas enam SDN 1 Sidawangi.

Ratri menjelaskan bahwa di IPB Cirebon, terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang kesenian yang salah satunya fokus untuk mempelajari dan mengembangkan tarian tradisional.

"Jadi dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa kami juga mendapatkan banyak pengalaman dalam melatih para siswa. Seperti bagaimana harus menghadapi anak-anak, bagaimana mengelola kesabaran hingga metode yang baik agar siswa cepat menangkap materinya," ungkap Ratri.

Sementara itu, Walikelas 6 SDN 1 Sidawangi, Fitri Oktaviani SPd mengungkapkan bahwa dengan adanya pelatihan tari tradisional oleh Prodi PGSD IPB Cirebon membuat siswa semakin aktif dan kreatif. Selain itu, kegiatan tersebut juga membawa kesan yang baik bagi para siswa kelas yang menjalani prosesi perpisahan.

BACA JUGA:Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2024 Sudah Dibuka, Berikut Jadwal dan Persyaratannya

"Alhamdulillah, kami merasa senang dan bersyukur dengan adanya kerja sama ini, membuat anak anak lebih aktif dan kreatif dan bersemangat karena sangat menarik dan mudah dipahami," ungkap Fitri.

Selain itu, pihaknya berharap kerja sama dengan IPB Cirebon bisa berlanjut terus. Terlebih, bagi siswa kelas 6, adanya pelatihan tari dan hasilnya ditampilkan dalam kegiatan perpisahan, dinilai dapat membawa kesan yang baik bagi mereka.

"Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pesan dan kesan untuk siswa SDN Sidawangi yang telah lulus. Kami ingin memberikan pesan yang terbaik. Maka dari itu kami ingin menampilkan setiap tahunnya, itu sesuatu yang berbeda-beda agar mereka tidak bosan," pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Yuk Melancong ke Iran, WNI Bebas Visa Loh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: