Eman Suherman Calon Bupati 2024, Diusung Koalisi Indonesia Maju versi Majalengka?

Eman Suherman Calon Bupati 2024, Diusung Koalisi Indonesia Maju versi Majalengka?

Pilkada Majalengka 2024, memunculkan nama Eman Suherman, bakal diusung oleh Koalisi Indonesia Maju versi Majalengka.-Dok-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Nama H Eman Suherman, diprediksi bakal diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) versi Majalengka dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Munculnya nama Eman Suherman, imbas dari kandasnya koalisi Partai Gerindra dan PDIP Majalengka yang sebelumnya terbentuk.

Menjelang Pilkada Majalengka tahun 2024, situasi politik lokal kembali memanas dengan berbagai strategi dari partai politik.

Fenomena yang tengah berlangsung di Majalengka, menarik perhatian karena menggambarkan kerumitan dan dinamika politik lokal yang tidak selalu sejalan dengan situasi politik nasional.

BACA JUGA:Pulang Membawa Kemenangan, Pegi Setiawan Nazar Mau Bikin Musola atau Mesjid

Pada akhir Juni 2024, terlihat upaya koalisi antara PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra. 

PDIP mengusung Karna Sobahi sebagai calon bupati Majalengka periode 2024-2029, dan berupaya menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra yang mengusung H Didin Jaenudin sebagai calon wakil bupati.

Menurut pemerhati Komunikasi Politik dari Kota Angin, Adi Junadi, politik memiliki fleksibilitas tinggi, sehingga sulit ditebak.

"Langkah ini mencerminkan fleksibilitas partai dalam membentuk koalisi di tingkat lokal, meskipun terdapat persaingan ketat di level nasional pada Pilpres 2024," kata Adi Junadi, dikutip dari Radar Cirebon, Senin 8 Juli 2024.

BACA JUGA:Copet Ikut Beraksi Ketika Pegi Setiawan Tiba di Rumah

Namun, Adi menilai, dinamika politik dalam Pilkada Majalengka 2024 cepat berubah. Contohnya, Partai Gerindra akhirnya memutuskan untuk mundur dari koalisi tersebut.

Spekulasi muncul bahwa keputusan ini menggambarkan kompleksitas hubungan antara politik lokal dan nasional.

Gerindra diprediksi akan membentuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) versi Majalengka, mengadopsi format koalisi yang berhasil diterapkan di tingkat nasional.

KIM Majalengka, yang terdiri dari Golkar, Gerindra, PAN, dan Demokrat, diprediksi akan mengusung H Eman Suherman sebagai calon bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: