Hadir di GIIAS 2024, Hyundai All-New KONA Electric, Mobil Listrik Pertama Pakai Baterai Produksi Lokal

Hadir di GIIAS 2024, Hyundai All-New KONA Electric, Mobil Listrik Pertama Pakai Baterai Produksi Lokal

Peluncuran Hyundai all-new KONA Electric di GIIAS 2024.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - PT Hyundai Motors Indonesia resmi merilis all-new KONA Electric pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City.

All-new KONA Electric hadir menggunakan baterai yang diproduksi di Indonesia oleh  PT HLI Green Power yang diresmikan 3 Juli 2024 lalu.

Lini terbaru kendaraan listrik Hyundai ini menampilkan eksterior dengan desain futuristis, interior lapang, all-electric range (AER) hingga lebih dari 600 km, serta fitur terkini dari ekosistem teknologi canggih Hyundai.

Peluncuran all-new KONA Electric mampu melengkapi lini kendaraan listrik (EV) Hyundai di Indonesia serta menegaskan posisi Hyundai sebagai game changer di industri otomotif serta mendukung komitmen pemerintah dalam mencapai net zero emission di tahun 2060.

BACA JUGA:Forum RW Panjunan Layangkan Surat Terkait Stockpile Batu Bara, Ini Isinya

President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cha mengatakan, Pada 2020, PT Hyundai Motors Indonesia berdiri dan menggebrak industri dengan menghadirkan BEV pertamanya di Indonesia, salah satunya yaitu KONA Electric.”

“Sejak itu, Hyundai menempatkan diri sebagai pionir industri kendaraan listrik di Indonesia yang konsisten menghadirkan terobosan melalui produk dan layanan inovatif.”

“Hyundai pun terus mendorong penguatan sektor EV dengan menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang lengkap melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik pemerintah maupun pelaku industri terkait.”

“Kini, kami bangga bisa semakin mendekatkan mobilitas masa depan bagi konsumen Indonesia dengan menghadirkan all-new KONA Electric, EV pertama di Indonesia yang menggunakan baterai produksi lokal,” katanya.

Sementara, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto menambahkan, bahwa Hyundai telah merancang all-new KONA Electric dengan inovasi teknologi terdepan untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbarukan seutuhnya di segmen B-SUV yang terus berkembang di pasar otomotif Indonesia.

BACA JUGA:Truk Boks Terperosok ke Sawah di Kuningan, Sempat Oleng Kemudian Menabrak Pohon

“Hadir dengan desain futuristis, all-new KONA Electric memiliki varian dengan driving range terpanjang hingga mencapai lebih dari 600 km. Selain itu, fitur konektivitas canggih Hyundai Bluelink juga telah dilengkapi teknologi Over-The-Air (OTA) serta View Around My Vehicle.”

“Tentunya semua fitur inovatif ini kami lengkapi dengan program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin, untuk semakin meningkatkan pengalaman kepemilikan worry-free bagi para pelanggan,” imbuhnya.

Pengisian Daya Bebas Khawatir

All-new KONA Electric menawarkan pengalaman pengisian daya yang mudah dan fleksibel. Berkat port charger standar global (CCS2) yang kompatibel dengan berbagai stasiun pengisian daya di Indonesia.

Sama seperti IONIQ 5 dan IONIQ 6, all-new KONA Electric juga punya fitur Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan.

Dengan Outdoor V2L, pengguna bisa dengan mudah mengisi daya macam-macam perangkat listrik, seperti sepeda listrik, skuter listrik, dan peralatan berkemah, langsung dari mobil saat berkegiatan di luar ruangan.

Lalu, dengan Indoor V2L, yang hanya dimiliki oleh lini kendaraan listrik Hyundai, pengguna bisa memanfaatkan power outlet di dalam kendaraan untuk mengecas laptop untuk bekerja selama perjalanan.

Selain itu, all-new KONA Electric memiliki Utility Mode, sebuah fitur yang memungkinkan pemakaian perangkat elektronik di kendaraan seperti audio, lampu dan lain sebagainya menggunakan listrik yang tersimpan di High Voltage Battery untuk tujuan selain berkendara. Sehingga pada saat digunakan, Listrik yang tersimpan di dalam aki 12V tidak akan terganggu.

BACA JUGA:Mie Ayam Bang Kumis Indramayu Ramai Diserbu Pelanggan, Ini Rahasianya

Desain Eksterior dengan Estetika dan Teknologi Tingkat Tinggi

All-new KONA Electric mengusung desain futuristis dan stylish yang mengutamakan profil clean dan aerodinamis.

Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan yang ikonis dari all-new KONA Electric.

Lalu, twin headlamp dengan lampu projector Full LED yang terintegrasi di bumper depan sehingga menciptakan sorotan cahaya yang eye-catching.

Wheel arch sewarna bodi yang menyatu dengan lampu depan dan belakang memberikan kesan tangguh dan dinamis.

Permukaan parametrik diagonal yang tegas serta molding chrome satin yang membentang hingga ke beltline menambah kesan elegan pada mobil ini.

Tak ketinggalan, integrasi Active Air Flap di bumper depan mampu meningkatkan efisiensi energi saat tertutup dan memberikan pendinginan yang dibutuhkan komponen kendaraan saat terbuka.

BACA JUGA:Viral Mobil Dinas Majalengka Halangi Damkar, Begini Akhirnya

All-new KONA Electric dapat menjadi partner andal dalam setiap perjalanan berkat tumpuan roda yang kokoh. Untuk varian Signature Long Range dilengkapi dengan Alloy Wheel 19 inci dengan ground clearance 151 mm.

Penggunaan alloy wheel ini lebih ringan dibanding steel wheel sehingga pengendara dapat bermanuver lebih lincah demi menjamin pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Secara keseluruhan, all-new KONA Electric dirancang dengan estetika dan teknologi terbaik yang merepresentasikan kecanggihan dan kenyamanan pengalaman berkendara dari EV.

Interior Lapang dengan Kapasitas Bagasi yang Besar

All-new KONA Electric hadir dengan ruang kabin yang memaksimalkan kenyamanan pengguna selama berkendara.

Hyundai merancang all-new KONA Electric dengan dimensi yang besar namun tetap compact, di mana mobil ini memiliki panjang 4.355 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.660 mm.

Implementasi lantai datar (flat floor) tanpa tunneling pada baris kedua pun turut menambah luas dan kenyamanan interior di all-new KONA Electric.

Ukuran kendaraan yang lapang memungkinkan all-new KONA Electric mengusung interior yang begitu fungsional.

All-new KONA Electric juga menjadi salah satu kendaraan dengan ruang bagasi paling besar di kelasnya dengan kapasitas 466 liter (VDA).

BACA JUGA:Keluhan Pelatih Persib Bojan Hodak Langsung Direspons Pemerintah: Itu Ketidakpahaman!

Dengan kapasitas yang amat besar, all-new KONA Electric sanggup menampung berbagai barang pengguna, seperti dua tas golf full size atau tiga koper travel berukuran 28 inci.

Menariknya lagi, pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan kendaraan dengan melipat kursi belakang secara praktis tanpa perlu melepas sandaran kepala.

Saat baris kursi belakang terlipat, maka all-new KONA Electric akan menawarkan ruang bagasi yang lebih luas dan datar dengan kapasitas mencapai 1.300 liter.

Dengan tambahan kapasitas tersebut, pengguna bisa membawa muatan besar secara aman dan nyaman untuk kebutuhan bepergian jarak jauh.

Fungsionalitas interior dari all-new KONA Electric semakin lengkap dengan sunroof yang sudah bisa dioperasikan sepenuhnya secara elektrik.

Bahkan, pengguna bisa menggunakan perintah suara untuk membuka dan menutup sunroof. Fitur tersebut memberikan kemudahan lebih bagi konsumen dalam menikmati pengaturan kabin yang sesuai keinginan, sekaligus menegaskan kesan premium saat berada di dalam mobil.

Hadirnya fitur Dual Zone Climate Control  juga semakin menambah kenyamanan karena memungkinkan penyesuaian suhu terpisah untuk zona yang berbeda dalam kendaraan, memastikan kenyamanan setiap individu.

BACA JUGA:BPBD Kuningan Usir Macan Tutul di Desa Gunungmanik Pakai Kotoran Harimau

Fitur entertainment untuk lengkapi pengalaman berkendara pengguna

Interior all-new KONA Electric juga dilengkapi fitur dan teknologi canggih untuk memanjakan pengguna selama perjalanan.

All-new KONA Electric sudah dilengkapi Panoramic Display (12.3in LCD cluster + 12.3in navigasi), menjadikan tampilan digital meter cluster berpadu secara seamless dengan layar AVNT (Audio, Video, Navigation, Telematics).

Fitur ini menguatkan kesan high-tech dan mewah saat berada di dalam mobil, sekaligus memungkinkan pengguna mengakses berbagai informasi dan kebutuhan saat berkendara dengan lebih praktis.

Kecanggihan desain infotainment display dan digital meter cluster dari all-new KONA Electric dilengkapi dengan jajaran tombol fisik yang memberi kendali lebih bagi pengguna dalam mengatur fitur-fitur dasar pada mobil.

Pengguna bisa melakukan pengaturan AC, auto hold, regenerative braking, heated and ventilated seats, dan lain-lain dengan pengoperasian yang telah akrab bagi para pengguna mobil di Indonesia.

Pendekatan desain dashboard yang human-centric ini pun memudahkan pengguna untuk mengoperasikan fitur-fitur all-new KONA Electric dengan lebih cepat.

Interior all-new KONA Electric pun menawarkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan berkat 8 speaker premium BOSE yang selama ini telah dikenal sebagai produsen audio terbaik di kelasnya.

Jadi, pengguna bisa menikmati kualitas suara premium saat menikmati hiburan favorit, yang tentunya meningkatkan kesan mewah di dalam mobil.

BACA JUGA:BMH Jabar Kolaborasi dengan Kemenag Santuni Anak Yatim dan Disabilitas

All-new KONA Electric juga dilengkapi dengan wireless connectivity melalui dukungan Android Auto dan Apple Carplay yang memudahkan pengguna saat menghubungkan smartphone ke infotainment display tanpa menggunakan kabel tambahan.

Tak ketinggalan, all-new KONA Electric juga dibekali dengan ccNC (connected car Navigation Cockpit) sehingga tampilan dari infotainment display dan digital meter cluster menjadi lebih modern dan fungsional.

Performa Andal untuk Pengalaman Berkendara yang Menyenangkan

All-new KONA Electric hadir dalam lima varian dengan keunggulannya masing-masing, yaitu Signature Long Range, Signature Standard Range, Prime Long Range, dan Prime Standard Range, dan Style untuk memperkaya pilihan bagi masyarakat Indonesia.

Jadi, konsumen bisa memilih trim mobil yang paling ideal sesuai dengan kebutuhan mobilitasnya.

Varian Signature Standard Range, Prime Standard Range, dan Style memiliki kapasitas baterai 48,9 kWh dengan jarak tempuh lebih dari 400 km dalam sekali pengisian daya. Motor pada kedua trim ini mampu menghasilkan daya 114,6 kW. 

Varian Signature Long Range dan Prime Long Range dibekali baterai berkapasitas 66 kWh dengan jarak tempuh masing-masing lebih dari 500 km dan lebih dari 600 km. Motor penggerak dari kedua trim ini sama-sama mampu menghasilkan daya 160 kW.

Walau mengusung dua versi motor penggerak dengan output daya berbeda, seluruh varian dari all-new KONA Electric mampu menghasilkan torsi sebesar 255 Nm.

Jadi, apa pun trim yang dipilih, pengguna dapat merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan powerful sejak detik pertama.

Adapun all-new KONA Electric mampu mencapai kecepatan maksimum pada 167 km/jam (long range) dan 155 km/jam (standard range).

Inovasi Teknologi Terdepan yang Meningkatkan Kenyamanan

Hyundai turut melengkapi all-new KONA Electric dengan inovasi teknologi terkini, salah satunya fitur konektivitas terdepan dari Hyundai Bluelink yang memberi pengguna kemudahan lebih dalam menjalani mobilitas.

Lebih spesial lagi, all-new KONA Electric juga sudah menerapkan over-the-air (OTA) update sehingga seluruh modul yang digunakan untuk menjalankan fitur-fitur mobil, mulai dari keperluan entertainment hingga charging, bisa diperbarui secara digital tanpa harus datang ke dealer.

Dengan begitu, pengalaman pembaruan sistem jadi lebih mudah, menyenangkan, dan hemat biaya.

Pemilik all-new KONA Electric pun akan merasa lebih aman dengan adanya View Around My Vehicle yang memungkinkan pengguna untuk melihat visual kendaraan secara 360° pada saat kendaraan sedang dalam keadaan mati melalui aplikasi Hyundai Bluelink.

BACA JUGA:Piala AFF U19 2024, Indonesia Pernah Cukur Filipina 7-1, Bisa Diulang?

Hyundai juga melengkapi kendaraan listrik ini dengan regenerative braking system yang inovatif, yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi.

Penggunaan regenerative braking system ini membuat kendaraan listrik ini dapat berhenti secara sempurna menggunakan fitur khusus, yaitu i-Pedal.

i-Pedal merupakan fitur yang memberikan kontrol kecepatan kendaraan yang meliputi akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan hanya dengan memodulasi tekanan pedal akselerator.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan serta kemudahan, all-new KONA Electric dilengkapi dengan Smart Power Tailgate, yaitu fitur otomotif yang dikembangkan oleh Hyundai untuk memudahkan akses dan pengaturan bagasi mobil secara otomatis.

Dengan teknologi ini, pengguna mobil dapat membuka atau menutup pintu bagasi hanya dengan menggunakan tombol atau sensor gerakan, tanpa harus membuka pintu secara manual.

Kelengkapan Fitur Keamanan yang Menciptakan Ketenangan saat Berkendara

All-new KONA Electric juga telah mengadopsi fitur-fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) canggih dari Hyundai SmartSense untuk menjaga keselamatan pengguna selama berkendara.

Jadi, pengguna bisa merasakan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman dengan all-new KONA Electric dibanding kendaraan lain di kelasnya.

Beberapa fitur keamanan yang tersedia di all-new KONA Electric adalah:

  • Forward Collision Avoidance (FCA)
  • Driver Attention Warning (DAW)
  • High Beam Assist (HBA)
  • Blind-spot View Monitor (BVM)
  • Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCA)
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)
  • Surround View Monitor (SVM)
  • Parking Collision-avoidance Assist - Reverse (PCA-R)
  • Safe Exit Warning (SEW)
  • Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Lane Following Assist (LFA)

BACA JUGA:Siswa Baru SMP Islam Al Azhar Ikuti MPLS dengan Pawai Taaruf

Harga dan Pilihan Warna Hyundai All-New KONA Electric

All-new KONA Electric hadir dengan sembilan pilihan warna eksterior, yaitu Optic White Matte, Creamy White Pearl, Creamy White Pearl Two-tone, Titan Grey Metallic, Magnetic Silver Metallic, Magnetic Silver Metallic Two-tone, Dragon Red Pearl, Dragon Red Pearl Two-tone, dan Midnight Black Pearl.

Berikut daftar harga all-new KONA Electric (On The Road/OTR Jakarta) - PPN 1 persen:

  • Signature Long Range - IDR 590.000.000,-
  • Signature Standard Range - IDR 575.000.000,-
  • Prime Long Range - IDR 560.000.000,-
  • Prime Standard Range - IDR 515.000.000,-
  • Style - IDR 499.000.000,-

Khusus untuk pembelian all-new KONA Electric, terdapat program manfaat khusus untuk pengalaman kepemilikan kendaraan worry-free melalui Hyundai Jaga yang meliputi :

Gratis biaya perawatan selama 5 tahun atau 75.000km (mana yang tercapai lebih dulu)

Gratis biaya suku cadang untuk perawatan berkala selama 5 tahun atau 75.000km (mana yang tercapai lebih dulu)

Garansi dasar selama 4 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

Garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

Selain itu, sebagai bagian dari peluncuran all-new KONA Electric, juga memberikan pengalaman pengisian daya kendaraan yang bebas dari rasa khawatir bagi pemilik kendaraan listrik Hyundai dengan memperluas cakupan jaringan charging station melalui kerja sama dengan beberapa mitra, seperti Mitra Charging Point Operator (CPO) dan meluncurkan Program Layanan Pengisian Daya EV.

Program ini memungkinkan pemilik EV Hyundai untuk mengisi daya tidak hanya di charging station yang dimiliki Hyundai, namun juga di Stasiun Pengisian Daya Mitra CPO.

Di mulai dari pembelian di GIIAS 2024 hingga seterusnya, pembeli kendaraan listrik Hyundai akan mendapat keuntungan pengisian daya 50kWh/bulan selama satu tahun di Public Charging dan EV Charging Card. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase