Pj Wali Kota Cirebon Buka Job Fair 2024, Tersedia 1.480 Lowongan Kerja

Pj Wali Kota Cirebon Buka Job Fair 2024, Tersedia 1.480 Lowongan Kerja

Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi resmi membuka acara Job Fair dalam rangka memperingati Hari Jadi Cirebon ke 597. Acara yang berlangsung di Grage City Mall.-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi resmi membuka acara Job Fair dalam rangka memperingati Hari Jadi Cirebon ke 597. Acara yang berlangsung di Grage City Mall, ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, dari 24-25 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menyatakan bahwa pelaksanaan Job Fair ini adalah salah satu upaya nyata Pemerintah Kota Cirebon untuk menekan angka pengangguran. Ia  juga mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon yang berkolaborasi dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI.

“Job Fair ini merupakan bagian dari ikhtiar kita bersama untuk mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Cirebon. Saya sangat mengapresiasi kerja keras Disnaker yang telah berhasil menghadirkan 32 perusahaan dengan total 1.480 lowongan kerja yang tersedia,” ujar Pj Wali Kota.

Di tahun 2024 ini, pelaksanaan job fair mendapat pendampingan pelayanan dari Pusat Pasar Kerja Kemnaker RI dalam bentuk job fair hybrid sehingga memiliki daya jangkau informasi yang jauh lebih luas bagi para pencaker dan perusahaan, serta diharapkan menjadi lebih maksimal dalam pencapaian outputnya.

BACA JUGA:DAM Kampanyekan #Cari_Aman Melalui Safety Riding Fomo

Tema kegiatan job fair kali ini adalah “Cirebon Guyub pada Menggawe” atau dengan kata lain adalah “Ayo Kita Bersama-sama untuk Bekerja”. "Sebuah ajakan atau motivasi kepada kita semua untuk terus berkarya dalam rangka pencapaian kesejahteraan warga Kota Cirebon yang lebih baik di masa yang akan datang," jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terjadi penurunan dari tahun 2022 sebesar 8.42% menjadi sebesar 7.66% di tahun 2023. "Pencapaian ini tidak lepas dari peran serta semua pihak yang sudah bekerja sama dengan baik," kata Pj Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota juga menekankan pentingnya partisipasi seluruh elemen masyarakat, terutama para pencari kerja, untuk memanfaatkan peluang yang ada. “Kami berharap Job Fair ini dapat menjadi jembatan yang efektif bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat mereka,” tambahnya.

Pj Wali Kota juga berharap bahwa acara Job Fair ini dapat terus diselenggarakan setiap tahun dengan cakupan yang lebih luas. “Dengan semakin banyak perusahaan yang berpartisipasi dan semakin banyak lowongan kerja yang tersedia, kita dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cirebon,” katanya.

BACA JUGA:Farhat Abbas Yakin Kematian Vina - Eky Akibat Kecelakaan, Berikut Ini Respons Keluarga Vina

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Suherman, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa dari 32 perusahaan yang berpartisipasi, dua di antaranya mengadakan rekrutmen secara online. Perusahaan-perusahaan ini bergerak di berbagai sektor seperti perbankan dan jasa keuangan, kesehatan, perdagangan dan jasa, konstruksi, serta industri pengolahan.

“Dari 1.480 lowongan kerjaan yang tersedia terdiri dari jumlah jabatan 172, lowongan kerja di dalam negeri 1309, lowongan kerja di luar negeri 155, dan lowongan kerja disabilitas sebanyak 16 lowongan,” katanya.

Selain itu, Disnaker Kota Cirebon juga terus mendorong pembentukan Bursa Kerja Khusus (BKK) di tingkat pendidikan menengah dan perguruan tinggi untuk membantu mengurangi tingkat pengangguran.

“Dengan adanya BKK di sekolah dan perguruan tinggi, kita berharap dapat mempersiapkan siswa dan mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja dengan lebih baik,” tandasnya.

BACA JUGA:Rombongan Dosen Universitas Pamulang Kecelakaan di Tol Cipali, Bus Diduga Menabrak Tiang Rambu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: