Wakil Menteri Tenaga Kerja RI Hadiri Anugrah Festival Milm Kampung 2024. Ini Para Juaranya

Wakil Menteri Tenaga Kerja RI Hadiri Anugrah Festival Milm Kampung 2024. Ini Para Juaranya

Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI) Afiansyah Noor hadir di Anugerah Festival Milm Kampung 2024, Jumat malam(12/7/2024).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kota Cirebon kembali menggelar Festival Milm (Film) Kampung 2024.

Festival Milm Kampung tahun 2024 tingkat Kota Cirebon ini  diikuti 14 film. Pada rangkaian Hari Jadi Cirebon yang ke-597, para pemenangnya telah diumumkan saat malam anugerah Festival Milm Kampung, di halaman depan Vihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon, Jumat malam (12/7/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Pj Wali Kota Cirebon H Agus Mulyadi, Pj Sekda Arif Kurniawan, Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI) Afiansyah Noor, Forkopimda Kota dan undangan lainnya.

Away Enawar salah satu anggota dewan juri mengatakan bahwa pada Festival Milm Kampung ada sejumlah kriteria dalam penjurian.

BACA JUGA:Syarat Usia Calon Kepala Daerah Digugat ke MK oleh Dua Orang Mahasiswa

"Ada sejumlah kategori seperti film terbaik 1, 2 dan 3, sutradara terbaik, skenario terbaik, sinematografi terbaik, aktor terbaik, artis terbaik, aktor pendukung terbaik, aktris pendukung terbaik, potensi RTH terbaik, camat dan lurah terbaik, kecamatan terbaik dan lain sebagainya,"

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon Ma’ruf Nuryasa, menjelaskan, Festival Milm Kampung 2024 mengambil tema “Pekarangane Kita”.

"Tema ini kami ambil didasari oleh minimnya ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Cirebon. Masalah ini semakin mendesak mengingat pentingnya RTH dalam memperbaiki kualitas udara, serta sebagai sarana pendidikan dan perekonomian,"jelasnya kepada radarcireboj.com di sela-sela kegiatan, Jumat malam (12/7/2024).

Lebih lanjut, Ma’ruf mengatakan, perubahan iklim menjadi isu krusial bagi Kota Cirebon yang letaknya strategis di bibir pantai namun juga dekat dengan pegunungan.

BACA JUGA:Mahasiswa PMM Berikan Kontribusi Sosial

“Pengembangan dan pemeliharaan RTH adalah langkah strategis dalam menghadapi perubahan iklim, terutama di daerah perkotaan,”katanya.

Menurut dia, festival Milm Kampung 2024 tersebut bertujuan untuk merekam dan menampilkan upaya kreatif masyarakat di tingkat RW dalam memanfaatkan lahan kosong di lingkungan mereka.

"Melalui film pendek, potensi unggulan RTH yang ada di kampung-kampung di Kota Cirebon akan tersorot dengan jelas,"katanya.

Sementara, Pj Walikota Drs H Agus Mulyadi menyebutkan, sudah ketiga kalinya Pemkot Cirebon menggelar Festival Film Kampung. Melalui Milm Kampung ini bisa dilihat problematika di kampung melalui film pendek.

BACA JUGA:3 Alasan Buat Pre Order Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Flip 6, Simak Penjelasannya

"Kita berharap dengan tema Pekarangane Kita ini menjadi pemenuhan ruang terbuka hijau. Momentum hari jadi kita kemas dengan Festival Milm Kampung, mudah-mudahan tahun depan peserta bisa meningkat lagi. Tiap tahun temanya berubah, ini merupakan rangkaian hari jadi Cirebon yang ke-597. Sudah hampir 6 abad usia Kota Cirebon. Bukan HUT Kota Cirebon, tapi tahun ini Hari Jadi Cirebon,"sebutnya.

Masih di tempat yang sama, Wamen Ketenagakerjaan RI Afiansyah Noor mengungkapkan bahwa Kota Cirebon ini terkenal dengan Kota Wali.

"Ada sejumlah bangunan maupun lokasi bersejarah, meskipun tidak terlalu luas terlihat kebersamaan  dan menjunjung tinggi keberagaman. Saya berharap Pemkota Cirebon bisa merekrut UMKM. Semoga kegiatan malam ini bermanfaat bagi semua," ungkapnya.

Perlu diketahui, para juara Festival Milm Kampung 2024 adalah:

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Ungkap Keberadaan Aep dengan Menggali Keterangan Ayahnya

Juara 1: Film berjudul Pesona Pekarangan RW08, produksi Kecamatan Harjamukti, Kelurahan Larangan, Kota Cirebon.

Juara 2: Film berjudul Kampung Dewek, produksi RW15, Kecamatan Harjamukti, Kelurahan Kecapi, Kota Cirebon.

Juara 3: Film berjudul Kalipancit Pekarangan Isun, produksi RW15 Kecamatan Harjamukti, Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon.

Adapun juara kategori Sutradara Terbaik adalah Alif Faris S dengan judul Film Kampung Dewek dari RW15 Kecamatan Harjamukti, Kelurahan Kecapi, Kota Cirebon.

Kategori Skenario Terbaik diraih oleh Ida Farida Ramli  dengan judul Film “Kalipacit Pekarangane Isun.

BACA JUGA:Ranperda P2APBD 2023 Jabar Sah Menjadi Perda, Bey Machmudin Sampaikan KUA PPAS 2025

Karegori Aktor Terbaik diraih Duladi berperan sebagai Pak RW dengan judul Film Kampung Dewek. Kategori Aktris Terbaik diraih Yayah Noviani berperan sebagai Ibu Pai dengan judul Film  Lestari Katurangga produksi Kecamatan Pekalipan Kelurahan Pulasaren RW 02.

Kategori Aktor Pendukung Terbaik diraih M Eddy D berperan sebagai Pak Haji dengan Judul Film Kampung Dewek. Untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik diraih oleh Warisemita berperan sebagai Ibu Penakut di Kalipacit judul Film Kalipacit Pekarangane Isun

Dan untuk kategori Sinematografi Terbaik adalah Film judul Lestari Katurangga. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: