Sekda Herman Suryatman Apresiasi Bandung Geopolitik Studies, Wadah pegiat ilmu hubungan internasional

Sekda Herman Suryatman Apresiasi Bandung Geopolitik Studies, Wadah pegiat ilmu hubungan internasional

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menjadi narasumber pada acara dialog publik dengan tema “Menakar Relasi Perdagangan Indonesia – Tiongkok terhadap Perekonomian Jawa Barat” di Hafa Warehouse,  Kota Bandung, Rabu (31/07/2024)-Biro Adpim Jabar-radarcirebon

BANDUNG, RADARCIREBON.COM -- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menghadiri acara dialog publik bersama komunitas Kajian Geopolitik Bandung dengan tema “Menakar Relasi Perdagangan Indonesia-Tiongkok terhadap Perekonomian Jawa Barat”, di Hafa Warehouse, Kota Bandung, Rabu (31/7) /2024) sakit. 

Herman menyambut baik kegiatan positif itu sebagai wadah generasi muda Jawa Barat yang menyebarkan wawasan global. 

"Kami baru saja mengikuti diskusi sederhana dengan Kajian Geopolitik Bandung, tapi sangat seru karena kebetulan sesepuh pendirinya adalah Pak Bedi Budiman (Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat)," ungkap Herman Suryatman. 

“Mengagumkan, Kajian Geopolitik Bandung ini anak-anak muda yang peduli terhadap diplomasi, yang dilakukan tidak hanya dari sisi formal, tapi juga informal,” tutur Herman. 

BACA JUGA: Lucky-Kasan Kantongi Syarat Pendaftaran ke KPU, Optimis Menangi Pilkada Indramayu 2024

Bandung Geopolitics Studies merupakan sebuah lembaga pemikir atau _think tank_ yang merupakan wadah bagi pegiat ilmu hubungan internasional. 

Komunitas ini dikembangkan oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jabar, khususnya di wilayah Bandung Raya dan juga individu lain yang tertarik dengan isu global. 

Kegiatan diskusi mendatangkan praktisi, akademisi, dan juga narasumber lainnya seperti kehadiran Sekda Jabar Herman Suryatman pada pertemuan tersebut. 

“Di sini ada para praktisi, sejarawan, dan politisi, tentu salah satu visinya adalah mendorong Jawa Barat bisa membangun hubungan internasional yang baik dengan berbagai negara,” ucap Herman. 

BACA JUGA: Sandiaga Uno Tegaskan Tidak Maju di Pilkada Jabar: Peluang Petahana Lebih Besar

"Dan hari ini kita berbicara tentang hubungan koneksi Indonesia-China. Paling tidak dari sisi perdagangan, khususnya Jabar, China yang neraca perdagangannya saat ini positif, itu harus kita amati dari sudut pandang Jawa Barat," katanya. 

“Tentu Pemda Provinsi Jabar menyambut baik Kajian Geopolitik Bandung dengan berbagai aktivitasnya,” imbuh Herman. 

Inisiator Kajian Geopolitik Bandung, yang juga Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman mengungkap semangat dari komunitas yang digawanginya adalah _people connection_, yakni keterhubungan antarmanusia untuk membentuk jejaring. 

Jejaring bisa menjadi modal sosial yang dapat bermanfaat untuk mendorong percepatan pembangunan di berbagai sektor kehidupan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: