PLN Wujudkan Impian Desa Jatiserang: Akses Air Bersih untuk Kehidupan yang Lebih Sehat

PLN Wujudkan Impian Desa Jatiserang: Akses Air Bersih untuk Kehidupan yang Lebih Sehat

PLN Wujudkan Impian Desa Jatiserang: Akses Air Bersih untuk Kehidupan yang Lebih Sehat-PT PLN-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Masyarakat Desa Jatiserang di Kecamatan Penyiringan, Kabupaten Majalengka, akhirnya bisa bernapas lega.

Seiring berjalannya Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT), warga desa ini kini menikmati fasilitas air bersih yang telah lama mereka impikan.

Dimulai pada awal Juni, program PLN Peduli ini mencakup pembangunan dua titik sumur bor beserta instalasinya, yang langsung memberikan manfaat kepada 49 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 58 orang laki-laki dan 91 orang perempuan.

Selama bertahun-tahun, warga Desa Jatiserang bergulat dengan kekurangan air bersih, terutama saat musim kemarau.

BACA JUGA:Kasus Vina Cirebon, Apa Azab Bagi Orang yang Berbohong saat Sumpah Pocong?

Dengan keran air yang seringkali kering dan jarak yang jauh untuk mendapatkan air, mereka terpaksa mengorbankan kesehatan dan kenyamanan hidup sehari-hari.

Pelaksana Harian (Plh) General Manager PLN UIP JBT, Senior Manager Operasi Konstruksi 1, Kunto Nugroho, mengungkapkan bahwa bantuan sarana air bersih ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam turut menciptakan lingkungan yang sehat dan menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Air bersih bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan dasar seperti mencuci, mandi, dan memasak. Lebih dari itu, air bersih juga sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Dengan akses air bersih yang stabil, angka stunting pada balita yang dulu menjadi momok kini dapat dicegah. Tidak hanya itu, penyakit kulit dan infeksi lainnya yang disebabkan oleh air kotor kini bisa diminimalisir,” kata Kunto.

Bapak Tirta Wirahman, Kepala Desa Jatiserang, tidak dapat menyembunyikan rasa haru dan syukurnya.

BACA JUGA:Dilengkapi Bumbu Mayat, Persiapan Sumpah Pocong Iptu Rudiana dan Saka Tatal

"Kami atas nama warga masyarakat Desa Jatiserang, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PLN UIP JBT. Kami merasakan manfaatnya secara langsung dengan adanya air bersih. Permasalahan kekurangan air akhirnya bisa teratasi dan selanjutnya kami juga berharap ketersediaan air bersih ini mampu meningkatkan kualitas kesehatan, mengurangi angka stunting, serta membantu meringankan biaya kebutuhan air bersih khususnya di Desa Jatiserang,” ucap Tirta.

Program TJSL dari PLN ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui inisiatif-inisiatif seperti pembangunan fasilitas air bersih di Desa Jatiserang, PLN berharap dapat terus memberikan kontribusi positif yang nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.(cep/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: