Kepala BPIP Sambut Iringan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke Kaltim

Kepala BPIP Sambut Iringan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke Kaltim

Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dibawa dari Cawan Monas untuk dikibarkan dan dibacakan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Ke-79 RI, 17 Agustus mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN).-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

Prof Yudian juga menuturkan, kirab ini juga menjadi momentum untuk memperkuat jiwa nasionalisme Bangsa Indonesia.

“Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ungkap Yudian.

BACA JUGA:UMMADA Hadir di Cirebon, Siap Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan di Jabar

BACA JUGA:Inspektorat Ingatkan Kuwu Baru Dilantik Agar Tidak Korupsi

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP yang membawahi Program Paskibraka, Ir Prakoso menuturkan, pihaknya telah menyiapkan putera-puteri bangsa terpilih ini sehingga siap tampil pada tanggal 17 Agustus mendatang, termasuk empat puteri Paskibraka pembawa baki tahun 2023 untuk melaksanakan tugas mengantarkan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke Istana di IKN.

“Kami sudah siap, adik-adik Calon Paskibraka, termasuk 4 Purnapaskibraka sudah berlatih di Cibubur sejak Bulan Juli lalu. Mereka sudah dilatih fisik dan mentalnya karena kondisi di IKN berbeda dengan di Jakarta," ungkap Prakoso.

Prakoso juga menuturkan, para Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 telah tiba di Balikpapan dan akan segera diberangkatkan ke Nusantara untuk menjalani sejumlah latihan gabungan.

BACA JUGA:Berawal dari Bakar Sampah, Lahan Kosong Kawasan Gronggong Terbakar

Para Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 ini akan dikukuhkan oleh Presiden RI pada 13 Agustus mendatang di Nusantara. 

“Adik-adik Calon Paskibraka sudah ada di sini. Mereka sudah siap menjalani latihan di IKN dan akan dikukuhkan sebagai Paskibraka Tingkat Pusat oleh Presiden RI, Joko Widodo," tuturnya. 

Dalam prosesi kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Bandara Sepinggan, Kepala BPIP didampingi pula Pj Gubernur Kalimantan Timur Dr Drs Akmal Malik MSi, Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol Drs Nanang Avianto MSi, dan Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo. (HA/WS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase